Mitos dan Fakta Seputar Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan yang diam diam membahayakan. Jenis gangguan kesehatan yang satu ini seringkali menjadi penyebab timbulnya komplikasi terhadap gangguan kesehatan lainnya yang lebih berbahaya seperti penyakit jantung, gagal ginjal, hipertensi dan lain sebagainya.

Sebenarnya asam urat bisa dicegah dengan cara cara yang mudah sekali. Misalnya dengan menghindari jenis makanan tertentu dan menerapkan pola hidup sehat. Dengan begitu maka semua gangguan kesehatan yang berkaitan dengan asam urat bisa lebih diminimalisir. Hal ini karena gangguan asam urat bersumber dari pola hidup dan pola makan yang tidak sehat sehingga pada akhirnya menyebabkan gangguan kesehatan yang lebih fatal.

Inilah Mitos dan Fakta Seputar Asam Urat

Dalam setiap penyakit seringkali ada mitos yang beredar di masyarakat yang belum tentu kebenarannya. Kebanyakan orang sering mengaitkan sebuah kejadian dengan hal-hal yang terkadang tidak masuk akal. Semua ini memang bukan solusi untuk sebuah gangguan kesehatan sehingga perlu perhitungan dan pertimbangan dalam menyikapinya.

Mitos Seputar Asam Urat
  1. Asam Urat Bisa Sembuh Dengan Sendirinya

Banyak yang menganggap bahwa gangguan asam urat bisa sembuh dengan sendirinya tanpa perlu diobati. Jadi ketika terkena asam urat dan menyebabkan sendi nyeri sebaiknya cukup dengan istirahat saja.

  1. Nyeri Sendi Kondisi Langka

Ini merupakan sebuah mitos yang sering terdengar dikalangan banyak orang. Nyeri sendi langka memang sebuah mitos sebab nyeri sendi sebenarnya sering kali terjadi dan dialami oleh kebanyakn orang.

  1. Nyeri Sendi Hilang Saat Luka

Mitos yang satu ini tidak tepat. Nyeri sendi tidak akan hilang ketika terjadi luka. Masing-masing gangguan kesehatan membutuhkan penanganan yang berbeda. Dalam hal ini jangan terlalu terfokus pada mitos.

Baca Juga:  Cara Menghilangkan Komedo Dalam Waktu Singkat
  1. Nyeri Sendi Disebabkan Kebanyakan Makan dan Minum

Perlu diketahui bahwa pernyataan ini tidak tepat sebab nyeri sendi tidak semata di sebabkan oleh kebanyakan makan dan minum. Hal ini tidaklah tepat dan jangan terlalu mempercayainya sebab tidak begitu adanya.

  1. Nyeri Sendi Bisa Sembuh Dengan Diet

Pernyataan ini juga tidak begitu tepat. Sebab nyeri sendi tidak semata sembuh dengan diet. Secara tepat nyeri sendi asam urat membutuhkan penanganan yang tepat.

Fakta Seputar Asam Urat

Dibalik mitos, ada fakta yang meluruskan semua pernyataan yang kurang tepat tersebut. Perhatikan beberapa fakta asam urat berikut ini!

  1. Nyeri Sendi Kondisi Yang Menyakitkan

Menurut riset medis menyatakan bahwa nyeri sendi merupakan salah satu kondisi yang paling menyakitkan diantara rasa sakit. Jika dibandingkan dengan operasi caesar maka nyeri sendi merupakan salah satu kondisi yang sangat menyakitkan sekali.

  1. Nyeri Tulang dan Sendi Akibat Penumpukan Asam Urat

Nyeri sendi memang disebabkan oleh adanya penumpukan asam urat akibat terlalu banyak purin dalam sirkulasi darah sehingga hal ini mengakibatkan rasa nyari dan peradangan. Purin yang menumpuk tidak bisa dikeluarkan oleh ginjal.

  1. Nyeri Sendi Menyerang Jempol Kaki

Menurut hasil riset menunjukan bahwa 90% orang yang menderita asam urat umumnya mengeluhkan nyeri pada bagian jempol kaki. Bahkan lebih jauh lagi dari itu bisa menyerang bagian lain seperti lutut siku, tangan dan lainnya.

  1. Semakin Tinggi Asam Urat Semakin Sakit

Semakin banyak purin di dalam tubuh artinya asam urat semakin bayak atau tinggi. Kondisi ini akan terasa sangat menyakitkan sekali dan bahkan akan terasa sangat menyakitkan sekali jika terus dibiarkan.

Nah, itulah mitos dan fakta seputar asam urat yang sebaiknya diperhatikan oleh kita semua sehingga jangan sampai salah persepsi dalam memberikan tanggapan dan penanganan terhadap gangguan kesehatan yang satu ini.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517