Minyak Sayur Bisa Menurunkan Kolesterol Akan Tetapi Memicu Serangan Jantung

Asam lemak omega-3 dan omega-6 memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Namun meskipun begitu hal ini itergantung dari sumber makanan yang menghasilkan asam lemak tersebut. Sebab tidak semua jenis makanan yang mengandung lemak omega baik untuk kesehatan tubuh. Seperti halnya pada minyak sayur yang tinggi akan kendungan omega-3 dan omega-6 memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol. Akan tetapi disisi lain bisa mengakibatkan gangguan lain seperti serangan jantung.

Menurut para peneliti mengungkapkan bahwa minyak goreng seharusnya tidak dikelompokan ke dalam makanan sehat. Produk minyak sayur mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam jumlah yang tidak seimbang atau bahkan minim. Mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh memang perlu dilakukan sebagai upaya untuk menekan resiko kematian akibat kolesterol tinggi yang menyebabkan penyakit jantung.

Pada dasarnya beberapa komponen yang terdapat pada makanan dapat dipecah menjadi beberapa elemen kimia. Seperti yang kita ketahui bahwa lemak adalah salah satu komponen yang akan sering kita jumpai pada makanan. Jenis makanan yang mengandung lemak seperti daging, kacang-kacangan dan beberapa jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Setiap jenis makanan memiliki kandungan lemak yang berbeda-beda seperti lemak jenuh, lemak tak jenush tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Mengapa dikelompokan demikian? Hal ini karena setiap lemak memiliki struktur yang berbeda-beda. Lemak tak jenuh ganda tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi.

Asam lemak omega-3 bisa dijumpai pada sumber makanan seperti ikan salmon, tuna dan makarel. Selain itu, zat gizi tersebut juga terdapat pada jenis makanan seperti kacang-kacangan. Sedangkan asam lemak omega-6 lebih banyak ditemukan pada jenis biji-bijiaan atau kacang-kacangan dan minyak sayur yang berasal dari minyak kedelai, minyak jagung dan minyak bunga matahari.

Omega-3 penting untuk tubuh karena berguna dalam menekan resiko serangan penyakit jantung. Adapun omega-6 bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat didalam tubuh. Kedua asam lemak tak jenuh ini penting sekali untuk tubuh. Maka dari itu asupan dari makanan tersebut perlu diseimbangkan dengan mengkonsumsi sumber makanan bergizi.

Menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minyak sayur mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam jumlah yang cukup tinggi. Namun ternyata kandungan omega-3 dari minyak sayur justru beresiko menyebabkan resiko penyakit jantung. Mengkonsumsi minyak sayur memang menurunkan kadar kolesterol, akan tetapi meningkatkan resiko serangan jantung cukup tinggi.

Mengkonsumsi minyak sayur memang bisa memenuhi kebutuhan asam lemak omega-6. Akan tetapi tidak bisa menurunkan resiko penyakit kardiovaskuler. Justru hal ini bisa meningkatkan dan memicu gangguan kesehatan tersebut. Maka dari itu, pertimbangkanlah untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, terutama yang diolah dengan cara digoreng.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517