Minyak Goreng Sehat Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

Minyak goreng merupakan salah satu bahan untuk memasak yang sangat dibutuhkan. Penggunaan minyak goreng nampaknya tidak bisa lepasa dari setiap menu masakan yang Anda sajikan. Jika tidak menggunakan minyak goreng maka citarasa masakan sedikit kurang lezat. Namun dalam penggunaan minyak goreng, tentunya Anda harus lebih selektif dan menghindari penggunaan minyak goreng secara berulang. Perlu Anda ketahui bahwa pola hidup sehat dipengaruhi oleh penggunaan minyak goreng sehat.

Kualitas dari minyak goreng bisa ditentukan dari asapnya ketika dilakukan pemanasan. Jika minyak goreng memiliki kualitas yang buruk maka akan menimbulkan aroma yang kurang enak dan terasa gatal pada tenggorokan ketika kita mengkonsumsinya. Bahkan penggunaan minyak goreng dengan kualitas yang buruk bisa merusak kandungan gizi dari makanan yang kita olah.

Kualitas minyak goreng yang baik tentunya mengandung asam lemak tak jenuh atau yang biasa disebut dengan asam lemak omega-3 dan omega-6. Mengkonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng tentunya akan meningkatkan asupan kalori tubuh. Maka dari itu, konsumsilah makanan yang digoreng dalam batas wajar dan gunakan minyak goreng sehat.

Berikut Jenis Minyak Goreng Sehat

Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang sudah tidak asing lagi dan banyak digunakan dalam memasak. Namun dalam hal ini tentunya kita harus lebih hati-hati dan memilih jenis minyak yang masuk dalam kategori sehat. Minyak kelapa bisa diserap oleh saluran cerna melalui dinding usus tanpa melalui proses enzimatika dan hidrolisa. Setelah masuk kedalam hati maka akan diproses dan menghasilkan energi. Jika minyak goreng yang Anda gunakan mengandung lemak jenuh maka hal ini sangat beresiko terjadinya penyumbatan pada aliran darah. Oleh karena itu hindari penggunaan minyak goreng secara berulang (jelantah).

Minyak Sawit

Menurut penelitian beberapa ahli menemukan bahwa minyak goreng tergolong sebagai salah satu jenis minyak goreng yang aman untuk kesehatan. Kandungan asam lemak jenuh dan tak jenuh pada minyak sawit sangat seimbang sehingga aman bagi tubuh dan bahkan menyehatkan tubuh.

Minyak Dari Biji-bijian

Minyak jagung, canola, wijen dan biji bunga matahari mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda. Jika dikonsumsi tentunya memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan dan tergolong sangat aman. Diantara manfaatnya yaitu untuk menyeimbangkan tekanan darah, meningkatkan imunitas tubuh dan menurunkan kolesterol dalam darah.

Pemilihan minyak goreng sehat tidak bisa dianggap remeh dan disepelekan. Hal ini karena minyak goreng yang kita konsumsi sangat menentukan kesehatan tubuh. Mulailah menerapkan pola hidup sehat dimulai dari hal-hal yang kecil seperti menentukan ,imyak goreng sehat untuk memasak. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya yang emngancam kesehatan tubuh. Semoga ulasan mengenai minyak goreng bermanfaat bagi Anda dalam memulai hidup sehat.

Related Posts

Share This