Mineral Penting Untuk Melengkapi Kebutuhan Nutrisi Ibu Hamil

Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung mineral untuk menjaga kesehatan dan menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Kebutuhan vitamin dan mineral akan meningkat pada waktu hamil karena ibu hamil harus mencukupi kebutuhan mineral untuk tubuh dan janin. Mineral merupakan salah satu unsur penting bagi ibu hamil mengatsi berbagai keluhan dan menjaga kesehatan selama hamil. Nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan atau minuman. Salah satu sumber mineral yang sangat mudah untuk diperoleh yaitu air putih. Kandungan mineral pada air putih sangat lengkap meskipun jumlahnya terbatas.

Mineral penting sebagai nutrisi tambahan ibu hamil

Berikut Ini Daftar Mineral Yang Harus Tercukupi Selama Masa Kehamilan

Kalsium

Wanita hamil tidak hanya membutuhkan vitamin, akan tetapi harus mencukupi kebutuhan mineral seperti kalsium. Kalsium merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh karena mempunyai peran sentral dalam melengkapi kebutuhan nutrisi. Oleh karena itu kalsium sangat diperlukan oleh setiap orang terutama ibu hamil. Kalsium tidak hanya berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi, akan tetapi memiliki fungsi penting dalam proses kimia dan fisiologis di dalam tubuh. Peran penting kalsium di dalam tubuh yaitu membantu regulasi aktivitas otot-otot kerangka dan jantung serta berperan dalam pembentukan darah.

Kalsium bisa diperoleh dari sumber makanan seperti ikan salmon, sarden, yoghurt, susu, keju dan brokoli. Kalsium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pertumbuhan otot, sistem saraf, sistem enzim, jantung pada janin dan mencegah pre-eklampsia. Apabila asupan nutrisi tersebut tidak terpenuhi maka janin akan menyerap kalsium dari ibu hamil.

Zat besi

Zat besi merupakan salah satu komponen hemoglobin yang berperan penting dalam mengangkut oksigen dari darah menuju sel-sel yang mebutuhkan untuk proses metabolisme protein, lemak dan glukosa. Pada ibu hamil, darah merupakan salah satu media transportasi yang sangat penting untuk membawa berbagai macam nutrisi dari sistem pencernaan ke seluruh tubuh dan janin. Kekurangan zat besi selama hamil akan menghambat pasokan nutrisi untuk janin sehingga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan janin. Salah satunya yaitu kekurangan berat badan pada bayi dan beresiko kelahiran prematur.

Selain itu kekurangan zat besi akan menyebabkan kadar hemoglobin dalam darah menurun sehingga beresiko menyebabkan penyakit anemia pada ibu hamil. Kondisi tersebut tentunya sangat membahayakan perkembangan janin dan menurunkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Zinc (seng)

Seng merupakan salah satu sumber mineral esensial yang berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu seng berperan penting dalam pertumbuhan sistem saraf pusat dan pertumbuhan janin. Seng bisa diperoleh dari sumber makanan seperti daging, kerang, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Yodium

Yodium adalah salah satu sumber mineral yang terlibat dalam proses metabolisme energi, perkembangan jaringan konektif, perkembnagan sistem saraf pusat dan pembentukan tulang. Krtika hamil, yodium dibutuhkan untuk menunjang proses pembentukan hormone tiroid yang berperan penting untuk perkembangan otak janin. Kekurangan yodium pada waktu hamil akan mengakibatkan janin mengalami kretinisme. Selain itu, yodium juga berperan penting dalam menjaga kehamilan dan mencegah keguguran. Yodium bisa diperoleh dari sumber makanan seperti ikan, susu, kerang dan garam beryodium.

Related Posts

Share This