Metode Relaksasi dan Olahraga Pasca melahirkan

Menjalani kehamilan dan persalinan tentunya bukan hal yang mudah bagi seorang wanita. Proses tersebut menguras banyak tenaga sehingga memerlukan pemulihan pasca melahirkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kebugaran yaitu dengan melakukan olahraga ringan atau relaksasi.

Relaksasi termasuk salah satu cara untuk mengistirahatkan fungsi psikis dan fisik setelah melahirkan. Tidak jarang ditemui bahwa wanita pasca melahirkan kerap kali mengalami stres atau baby blue syndrome. Nah, untuk mencegah hal tersebut Anda bisa melakukan relaksasi. Banyak manfaat yang akan diperoleh dengan melakukan gerakan relaksasi, salah satunya yaitu memperlancar ASI dan mempercepat pemulihan.

Olahraga pasca melahirkan sangat dianjurkan bagi ibu hamil dengan catatan bukan olahraga berat. Jenis olahraga tersebut hanya mengedepankan gerakan lembut sebagai upaya untuk mengatasi ketegangan yang dialami setelah menjalani persalinan. Gerakan relaksasi sangat cocok untuk diperagakan bagi Anda dalam mengembalikan kondisi fisik dan psikis.

Relaksasi akan berdampak positif jika dilakukan dengan teknik yang benar. Bahkan gerakan tersebut akan berpengaruh terhadap kualitas dan kuantitas ASI yang dihasilkan. Namun dalam hal ini seringkali banyak wanita yang tidak memahami dan mengetahui gerakan relaksasi tersebut. Anda tidak perlu khawatir, berikut ini penulis akan memberikan sedikit informasi yang berkaitan dengan teknik relaksasi yang ideal pasca melahirkan.

Langkah-langkah Relaksasi Saat Menyusui

  1. Gunakan baby oil atau olive oil

Oleskan baby oil atau olive oil pada telapak tangan kemudian usapkan pada payudara Anda. Usahakan supaya merata pada semua bagian. Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun ataupun minyak kelapa untuk melakukan pemijatan tersebut.

  1. Gerakan memutar di payudara

Langkah selanjutnya setelah payudara diolesi minyak yaitu dengan menopang payudara sebelah kanan kemudian mulai lakukan pemujatan menggunakan tiga jari tangan kiri. Nah, usahakan pemijatan tersebut menggunakan teknik gerakan memutar dimulai dari pangkal payudara menuju ke bagian areola. Ulangi gerakan tersebut untuk payudara sebelah kiri.

  1. Gerakan relaksasi Untuk ASI

Untuk memperlancar ASI maka lakukan gerakan ini yaitu letakkan jari tangan sebelah kiri dan regangkan pada pangkal payudara sebelah kanan. Lalu pijat dengan menggunakan gerakan memutar sambikl menekan payudara tersebut dari arah pangkal menuju ke bagian areola. Lakukan gerakan selanjutnya dari arah samping payudara. Teknik ini sangat efektif dalam membantu menstimulus ASI.

  1. Teknik memerah payudara

Letakkan ibu jari tangan kiri dan kanan pada bagian areola sebelah atas puting kanan. Kemudian letakkan jari yang lain pada bagian bawah puting susu. Tekan secara bersamaan kea rah dada, lalu gerakan ibu jari menuju kea rah areola dengan gerakan memutar dan usahakan pijatan tersebut lembut.

  1. Teknik memijat kupu-kupu menyebar

Posisikan tangan kiri Anda menopang payudara dan lakukan pemijatan menggunakan tangan kanan. Lakukan dengan menggunakan kelima jari dengan gerakan kupu-kupu menyebar ke seluruh bagian payudara. Lakukan mulai dari areola menuju pangkal payudara.

Demikian teknik relaksasi dan olah raga ringan setelah melahirkan sebagai upaya untuk memperlancar ASI. Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat!

Related Posts

Share This