Merawat Organ Intim Agar Tetap Bersih Pada Waktu Hamil

Menjaga kebersihan organ intim merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh wanita pada waktu hamil. Organ intim wanita sangat sensitif terhadap infeksi virus dan bakteri karena bagian tersebut sangat mudah berkeringat dan lembab. Akan tetapi terkadang banyak wanita yang tidak memperhatikan hal tersebut sehingga lebih memprioritaskan penampilan daripada merawat bagian tubuh yang paling sensitif seperti vagina.

Pada organ intim wanita sebenarnya terdapat banyak mikroorganisme yang disebut sebagai flora vagina dari golongan bakteri lactobacillus. Mikroorganisme tersebut akan menjaga kestabilan pH yang berguna untuk melindungi organ intim dari infeksi bakteri berbahaya.

Merawat organ intim waktu hamil

Pada waktu hamil biasanya perhatian ibu hamil hanya terfokus pada janin di dalam kandungan sehingga melupakan dan mengabaikan kesehatan organ intim. Wanita biasanya akan menyadari hal tersebut ketika kondisi vagina sudah tidak biasa seperti mengeluarkan bau busuk. Oleh karena itu penting bagi wanita hamil untuk senantiasa merawat dan menjaga kebersihan daerah genital supaya tidak menimbulkan berbagai macam penyakit selama menjalani kehamilan.

Tata Cara Merawat Organ Intim Pada Waktu Hamil

  • Merawat kebersihan organ intim pada waktu hamil bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti kebiasaan mencuci vagina setelah buang air dengan menggunakan cara yang benar. Ketika mencuci vagina hendaknya dari bagian depan menuju kebelakang dekat anus. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi bakteri pada vagina.
  • Langkah selanjutnya yaitu membersihkan area klitoris dan uretra. Seperti yang kita ketahui kalau uretra dan klitoris memiliki sekresi sehingga harus rutin dibersihkan supaya tidak menimbulkan infeksi bakteri. Untuk menjaga kestabilan pH sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan sabun pembersih vagina karena dapat membunuh bakteri baik.
  • Apabila Anda dan pasangan melakukan hubungan intim pada waktu hamil maka sebaiknya memperhatikan kebersihan daerah genital dengan cara mencuci organ intim terlebih dahulu sebelum berhubungan. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi bakteri pada bagian dalam organ intim yang ikut terbawa ketika berhubungan. Selain itu, Anda juga harus segera mencuci organ intim setelah berhubungan untuk menghindari infeksi.
  • Untuk menjaga kelembaban area genital sebaiknya Anda membiasakan untuk mengeringkan daerah kewanitaan setelah mandi atau buang air. Hal ini untuk menghindari pertumbuhan bakteri dan virus. Selain itu, untuk menjaga kelembaban sebaiknya menghindari penggunaan celana ketat. Ibu hamil lebih baik menggunakan rok panjang yang longgar.
  • Pada waktu hamil biasanya vagina akan mengeluarkan cairan tanpa Anda sadari. Oleh karena itu untuk menjaga kebersihan organ intim disarankan untuk mengganti pakaian dalam minimal dua kali dalam sehari.
  • Kebersihan vagina juga dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup. Pada waktu hamil sebaiknya memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan mencukupi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih.
Baca Juga:  Nutrisi dan Gizi Ibu Hamil yang Harus Dipenuhi

Merawat dan menjaga kebersihan vagina adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap wanita, terutama wanita hamil. Hal ini untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin di dalam kandungan. Apabila organ intim bermasalah seperti munculnya keputihan yang abnormal maka sangat beresiko menyebabkan kelahiran prematur.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517