Merawat Bayi Kembar Dengan Cara Yang Baik dan Benar

Memiliki bayi kembar merupakan anugerah yang luar biasa karena tidak semua orang bisa memiliki bayi kembar. Merawat bayi kembar tentunya membutuhkan persiapan yang benar-benar matang, baik itu dari segi persiapan fisik, mental dan bahkan persiapan finansial. Semua kebutuhan bayi kembar harus dipersiapkan jauh-jauh hari sebelum proses persalinan. Hal paling penting dalam merawat bayi kembar adalah saling membagi peran atau tugas antara suami dan istri supaya kegiatan tersebut akan terasa menyenangkan.

Merawat bayi kembar merupakan sebuah tantangan yang membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra. Selain membagi peran dengan suami, Anda juga membutuhkan bantuan orang ketiga untuk merawat bayi kembar. Akan tetapi Anda tidak boleh melimpahkan semua tugas kepada baby sitter melainkan harus saling berbagi peran.

Merawat Bayi Kembar

Merawat bayi kembar idealnya dilakukan secara bersamaan supaya bayi yang satu tidak merasa di asingkan. Namun untuk memudahkan Anda merawat bayi kembar, tidak ada salahnya apabila dilakukan secara bergantian. Hal tersebut akan berpengaruh positif bagi psikologis anak supaya lebih mandiri ketika sudah tumbuh besar.

Kiat-Kiat dan Cara Merawat Bayi Kembar Dengan Cara Yang Baik dan Benar Supaya Lebih Menyenangkan

Memandikan Bayi kembar

Memandikan bayi merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting. Hal ini untuk menunjang kebersihan dan menjaga kesehatan tubuh bayi. Memandikan bayi kembar secara bersamaan mungkin akan membuat Anda kerepotan. Oleh karena itu, dalam hal ini Anda membutuhkan peran suami atau baby sitter untuk membantu memandikan bayi. Anda bisa memandikan bayi kembar secara bergantian dengan bantuan suami atau pengasuh. Apabila bayi sudah tumbuh besar dan mulai bisa duduk maka bayi kembar bisa dimandikan secara bersamaan.

Mengganti pakaian bayi kembar

Kegiatan selanjutnya yang mungkin membuat seorang ibu kerepotan adalah mengganti pakaian bayi kembar setelah mandi. Sebelum memandikan bayi kembar, alangkah lebih baiknya kalau Anda mempersiapkan semua perlengkapan bayi termasuk pakaian dan handuk. Mengganti pakaian bayi bisa dilakukan secara bergantian sampai tuntas. Akan tetapi untuk mencegah bayi kedinginan setelah mandi, sebaiknya ganti pakaian bayi secara bersamaan dengan bantuan pengasuh atau suami.

Memberikan ASI untuk bayi kembar

Pemberian ASI merupakan hal yang paling penting untuk menunjang pertumbuhan bayi. ASI harus diberikan secara ekslusif selama 6 bulan. Menyusui bayi kembar bisa dilakukan secara bersamaan dengan menggunakan teknik yang benar. Menyusui secara bersamaan bertujuan untuk menghemat energi dan mengoptimalkan waktu.

Memilih kereta dorong (stroller) untuk bayi kembar

Stroller merupakan salah satu alat yang bisa membantu Anda ketika membawa bayi jalan-jalan keluar rumah. Bayi kembar tidak memungkinkan untuk digendong secara bersamaan. Oleh karena itu, menggunakan alat ini akan sangat membantu dalam membawa bayi secara bersamaan. Dalam memilih kereta dorong untuk bayi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan bayi, terlebih lagi untuk bayi kembar.

Memberikan makanan pendamping ASI untuk bayi kembar

Makanan padat atau makanan pendamping ASI bisa diberikan pada bayi ketika menginjak usia 6 bulan. Memberikan makanan pendamping ASI untuk bayi kembar bisa dilakukan secara bersamaan. Terlebih dahulu persiapkan 2 porsi makanan untuk masing-masing bayi, selanjutnya Anda bisa menyuapi bayi secara bergantian. Apabila Anda merasa kerepotan sebaiknya meminta bantuan suami atau pengasuh untuk menyuapi bayi.

Merawat bayi kembar mungkin terkesan merepotkan bila dibandingkan dengan merawat bayi tunggal, akan tetapi apabila dilakukan dengan cara yang benar maka kegiatan tersebut akan terasa lebih menyenangkan.

Related Posts

Share This