Menyajikan Makanan Padat Yang Bergizi Untuk Bayi

Makanan padat bisa diberikan ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan. Memberikan makanan padat dengan tepat sesuai usia bayi adalah salah satu cara dalam melengkapi semua kebutuhan gizi untuk bayi. Ketika sudah menginjak usia 6 bulan, bayi membutuhkan nutrisi pendukung untuk menunjang pertumbuhannya. Nutrisi tersebut tidak sepenuhnya bisa diperoleh dari ASI, maka dari itu bayi harus diberikan makanan pendamping ASI.

Makanan padat bergizi untuk bayi

Selain untuk melengkapi kebutuhan gizi bayi, pemberian makanan pendamping ASI bertujuan untuk melatih bayi mengunyah dan menelan makanan. Hal penting yang harus Anda perhatikan ketika memberikan makanan pendamping ASI untuk bayi yaitu tekstur dan rasa makanan. Jenis makanan yang diberikan untuk bayi harus bertekstur lunak dan mudah ditelan oleh bayi. Anda bisa menyajikan makanan pendamping ASI dalam bentuk bubur supaya memudahkan bayi untuk menelan makanan tersebut. Selain itu ada beberapa jenis makanan yang bertekstur lembut sehingga bisa secara langsung diberikan pada bayi tanpa harus diolah terlebih dahulu.

Daftar Makanan Padat Yang Bergizi Untuk Bayi

  • Kentang merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat. Kentang bisa menjadi salah satu alternatif dalam memperkenalkan makanan padat pada bayi. Kentang adalah salah satu jenis sayuran yang sangat kaya akan kandungan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan bayi. Nutrisi yang terkandung pada kentang yaitu potassium, zat besi, protein dan vitamin A. Kentang bisa disajikan dengan cara di rebus kemudian dihaluskan sehingga akan memudahkan bayi untuk menelan makanan tersebut.
  • Alpukat memiliki tekstur daging buah yang lembut dan mengandung banyak nutrisi. Alpukat bisa diberikan pada bayi secara langsung atau dengan cara dihaluskan menggunakan blender. Tekstur alpukat yang lembut akan memudahkan bayi dalam menelan makanan tersebut. Alpukat mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, zat besi, vitamin C, magnesium dan niasin.
  • Sayuran brokoli. Pada waktu memberikan makanan pendamping ASI, Anda juga bisa memperkenalkan sayuran untuk bayi. Salah satu sayuran yang bisa diberikan pada bayi yaitu brokoli. Kandungan nutrisi pada brokoli akan melengkapi kebutuhan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan bayi. Brokoli mengandung asam folat, serat dan kalsium. Untuk memberikan brokoli pada bayi bisa dihaluskan dan dicampurkan pada makanan bayi seperti bubur.
  • Buah pisang mengandung banyak nutrisi seperti potassium, magnesium, asam folat, vitamin C, biotin dan selenium yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam menunjang pertumbuhan bayi. Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga akan lebih mudah untuk dilumat oleh bayi.
  • Makanan yang satu ini bisa diberikan pada bayi pada waktu memperkenalkan makanan padat. Seperti halnya kentang, ubi juga bisa diberikan pada bayi dengan cara direbus supaya teksturnya lembut dan mudah ditelan oleh bayi. Ubi mengandung nutrisi seperti vitamin E, serat dan kalsium.
  • Tahu memiliki tekstur yang lembut dan mengandung banyak nutrisi. Tahu bisa menjadi pilihan Anda ketika memperkenalkan makanan padat pada bayi. Tahu menggunakan bahan dasar kacang kedelai sehingga mengandung nutrisi seperti protein, kalsium dan zat besi yang berguna untuk pertumbuhan bayi.
  • Labu kuning. Sayuran yang satu ini direkomendasikan untuk diberikan pada bayi ketika memperkenalkan makanan padat pertama. Labu memiliki tekstur yang lembut dan kaya akan kandungan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan bayi. Selain itu, labu juga mengandung vitamin A, protein, kalsium, asam folat, zat besi, vitamin B dan vitamin C.

Related Posts

Share This