Menumbuhkan Sikap Percaya Diri Pada Anak Yang Memiliki Sifat Pemalu

Perkembangan emosional yang terjadi pada anak seringkali membuat orangtua merasa khawatir dan bingung. Salah satu perubahan yang biasa muncul pada anak-anak yaitu sifat pemalu dan pendiam. Sifat pemalu pada anak memang wajar akan tetapi apabila sifat tersebut tak kunjung hilang maka akan berbahaya bagi perkembangan psikologis anak. Anak yang pemalu cenderung tidak akan memiliki rasa percaya diri dan tidak bisa mandiri.

Anak-anak yang memiliki sifat pemalu akan mengalami kesulitan dalam bersosialisasi dan berinteraksi sehingga anak akan tumbuh dengan kepribadian yang kurang aktif serta akan menyebabkan anak bersifat individualis. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi kehidupan sosial anak pada waktu yang akan datang.

Menghilangkan sifat pemalu pada anak

Cara Untuk Mengatasi Anak Yang Memiliki Sifat Pemalu

Memberi Kesempatan pada anak untuk menunjukan kemampuannya

Anak-anak yang memiliki sifat pemalu cenderung tidak bisa bersosialisasi sehingga akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan dan bakat yang dimilikinya. Oleh karena itu untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak pemalu sebaiknya Anda memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan bakatnya. Dalam hal ini peran dan motivasi dari orangtua sangat dibutuhkan untuk membantu anak dalam mengembangkan keterampilan tersebut .

Mengajarkan percakapan pembuka dan penutup pada anak

Mengajarkan percakapan merupakan salah satu cara dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada anak supaya tidak malu ketika bertemu dengan orang baru. Anda bisa mengajarkan kalimat pembuka dan penutup pada anak untuk percakapan dengan orang yang belum dikenal dan sudah dikenal. Kemudian latihlah anak untuk berbicara dengan orang lain secara langsung contohnya dengan teman sebayanya. Hal ini perlahan-lahan akan mengurangi rasa sifat pemalu pada anak dan menumbuhkan kepercayaan diri dalam diri mereka.

Menciptakan suasana yang menumbuhkan rasa percaya diri

Suasana yang meyakinkan akan membuat rasa percaya diri pada anak perlahan-lahan tumbuh. Anda harus menciptakan suasana yang nyaman sehingga anak akan merasa bahwa dirinya mempunyai kemampuan dan harus mengembangkannya. Selain itu, Anda juga harus menerapkan pola asuh yang penuh kasih sayang supaya anak merasa aman sehingga ketika bertemu dengan orang baru anak tidak akan menjadi pemalu.

Memberikan contoh bersosialisasi

Anak-anak memiliki sifat alami yaitu kebiasaan meniru tanpa membedakan. Oleh karena itu Anda sebagai orangtua harus memberikan contoh yang baik dan menjadi panutan bagi anak. Berikan contoh yang baik pada anak seperti kebiasaan mengucapkan salam dan berjabat tangan ketika bertemu orang lain dan berpamitan ketika akan pergi. Dengan mengajarkan cara bersosialisasi pada anak maka anak tidak akan jadi pemalu lagi sehingga anak akan memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Mengajarkan rasa tanggung jawab

Mengajarkan tanggung jawab pada anak akan menumbuhkan rasa percaya diri dengan keterampilan yang dimilikinya. Selain itu, cara ini akan mengajarkan anak untuk berani mengambil keputusan dan siap dengan segala resiko yang akan terjadi. Mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti membereskan mainan yang berantakan. Ketika anak memiliki rasa percaya diri dalam melakukan sesuatu maka hal tersebut akan menjadi modal dasar bagi anak untuk mengendalikan sifat pemalunya. Dengan demikian anak akan merasa kalau bersosialisasi dengan orang lain akan memberi pengalaman dan pelajaran baru sehingga anak tidak akan malu-malu untuk bergaul.

Related Posts

Share This