Menu Tepat Makanan Sehat Bagi Anak Aktif

Ingat bunda, ketika bunda memiliki anak yang memiliki aktivitas dalam berolahraga yang cukup aktif, maka bunda penting untuk memogram asupan gizi si kecil dengan baik, perhatikan beberapa makanan sehat yang baik untuk ia konsumsi.

Makanan Sehat Bagi Anak Aktif

Anak juga sama dengan mobil, yang memang membutuhkan bensin ketika akan di jalankan, dan tubuh juga membutuhkan asupan energi yang baik sebelum memulai berbagai macam aktifitas. Lebih-lebih ketika anak akan memulai aktifitas fisiknya yang bisa di bilang berat, misalkan seperti beraksi di lapangan olahraga. Namun walaupun seperti itu, bunda harus tetap mampu memperhatikan jarak antara waktu makan si kecil dengan dimulainya proses latihan atau aktivitas, selain itu bunda juga harus memperhatikan resep makanan sehat yang bunda berikan sebelum si kecil memulai aktifitasnya.

Karena ketika bunda memberikan makanan sehat kepada si kecil dengan jarak yang terlalu dekat dengan jadwal aktivitasnya, maka si kecil bisa jadi tidak bisa melakukan aktivitasnya dikarenakan askit perut. Sebaiknya bunda memberikan makanan sehat kepada si kecil paling tidak 2-3 jam sebelum aktivitas beratnya di mulai. Hal ini di ungkapkan langsung oleh Dr. Erwin Christianto, M. Gizi, Sp.GK, yang memang merangkap juga sebagai dokter tim nasional sepakbola U-23.

Bunda harus memilih menu makanan sehat yang memang memiliki banyak kandungan karbohidrat yang berguna untuk menambah tenaga, misalkan seperti nasi, ubi, roti juga kentang. Jika aktivitas si kecil berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka bunda bisa menambahkan protein dalam jumlah yang cukup guna memperlambat proses pencernaan di dalam tubuh si kecil, sehingga cadangan energy di dalam tubuh tidak sekaligus di gunakan. Setelah si kecil selesai makan, maka jangan lupa untuk mengkonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup pula.

Bunda harus menghindari pemberian minuman yang memiliki rasa seperti sirup, atau bahkan the manis sebelum si kecil melakukan aktivitasnya yang berat. Memang benar, meminum minuman yang manis bisa membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dalam beberapa saat, namun minuman manis ini justru bisa mengakibatkan kadar gula menjadi menurun secara drastic beberapa saat setelah di konsumsi. Dan akibatnya, si kecil akan merasa lemas bahkan mengalami pusing ketika berada di tengah aktivitas.

Nah, satu hal yang harus bunda ingat, bahwa anak-anak tidak boleh sampai kekurangan cairan, apalagi selama melakukan aktivitas. Oleh karena itu, bunda bisa memberikannya air putih di sela-sela aktivitasnya, dan hal tersebut merupakan prioritas utama yang wajib di lakukan. Dan jika si kecil merasa lapar, maka bunda bisa memberikannya cemilan sehat yang memang memiliki banyak kandungan air, misalkan seperti potongan buah-buhan.

Selama 30 meni pertama ketika aktivitas si kecil selesai, bunda bisa memberikan si kecil asupan cairan yang banyak serta makanan yang cukup guna mengganti energi yang memang telah di lepaskan oleh tubuh. Bunda bisa memilih cemilan ringan yang sehat, misalkan sperti biskuit, roti serta buah-buhan. Dua jam setelah itu, bunda bisa kembali memberikan makanan yang lebih berat kepada si kecil, hal ini dilakukan guna memulihkan kondisi tubuh si kecil, misalkan seperti nasi dengan beragam lauk pauk serta sayuran yang sehat, ataupun bunda bisa memberikan roti isi daging juga sayuran.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517