Menu Sarapan Sehat Untuk Mengatasi Gejala Morning Sickness

Morning sickness pada awal kehamilan menjadi fenomena yang lumrah dan biasa terjadi pada setiap ibu hamil. Gejala tersebut sering diidentikan dengan ngidam. Morning sickness pada umumnya ditandai dengan mual, muntah dan pusing. Bahkan hal ini menjadi salah satu pemicu menurunnya nafsu makan pada ibu hamil. Jika dibiarkan maka bisa berakibat fatal terhadap asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin. Maka dari itu, pada kesempatan ini penulis akan memberikan tips seputar menu sarapan pagi sehat untuk ibu hamil muda.

Gejala Morning sickness memang akan hilang dengan sendirinya seiring dengan kbertambahnya usia kehamilan. Namun, pada saat gejala tersebut melanda ibu hamil sebaiknya mencari solusi yang tepat supaya asupan nutrisi tidak terganggu.

Memilih menu sarapan pagi sehat adalah salah satu hal wajib untuk menjaga asupan nutrisi bagi tumbuh kembang janin. Sarapan adalah waktu yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Menurut salah satu pakar kesehatan menyatakan bahwa makanan yang mengandung protein bisa menjadi alternatif untuk mengatasi gejala morning sickness.

Inilah Menu Sarapan Pagi Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

  1. Roti Bakar dan Selai Kacang

Nah, salah satu menu sarapan pagi sehat untuk ibu hamil yang mengalami gejala morning sickness yaitu roti gandum yang dipadukan dengan selai kacang. Selain sehat, sajian ini juga akan terasa sangat lezat untuk mengawali hari Anda.

  1. Omelet

Omelet kaya akan kandungan protein sehingga bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil. Omelet bisa dipadukan dengan bahan lain sehingga lebih bervariasi. Anda bisa menambahkan sayuran segar seperti tomat atau kol. Selain itu, bayam bisa menjadi variasi omelet untuk melengkapi kebutuhan zat besi dan folat.

  1. Buncis

Buncis mengandung banyak serat dan protein cukup tinggi. Buncis bisa diolah dengan cara dipanggang bersama telur orak arik atau roti panggang. Menu sarapan ini tentunya sangat sehat untuk ibu hamil di trimester awal.

  1. Jus Buah

Buah-buahan atau jus buah bisa menjadi alternatif lain sarapan pagi sehat untuk ibu hamil yang sedang mengalami gejala morning sickness. Bahkan buah-buahan bisa dipadukan dengan sereal oat, susu dan yoghurt.

  1. Yoghurt dan Oat

Kombinasi antara oat dan yoghurt nampaknya sangat cocok untuk menu makan pagi. Selain bernutrisi, menu sarapan yang satu ini juga sangat lezat sehingga bisa membantu mengatasi gejala morning sickness pada ibu hamil.

Untuk mengatasi mual dan muntah sebaiknya ibu hamil menerapkan pola makan sedikit namun sering. Anda bisa menyelingi makanan utama dengan cemilan sehat seperti kacang-kacangan, buah kering atau biskuit. Sekain itu, perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga asupan cairan sehingga terhindar dari resiko dehidrasi.

Related Posts

Share This