Menu Sahur Sehat Untuk Penderita Maag

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah bagi kaum muslimin di seluruh dunia. Semua umat muslim tentunya memiliki kewajiban untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Kewajiban berpuasa merupakan bagian dari rukun islam dan tidak boleh ditinggalkan. Selama menjalani ibadah puasa Ramadhan tentunya kita dilarang untuk makan, minum dan berhubungan suami istri dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Lalu bagaimana solusi untuk mereka yang menderita penyakit maag? Apa saja menu sahur sehat untuk penderita maag yang aman untuk lambung?

Sakit maag bisa terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, maupun orangtua. Penyakit gangguan pada lambung ini bisa diakibatkan oleh pola makan yang tidak teratur dan juga mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Dengan kata lain bahwa penyakit maag harus memiliki pola makan yang teratur dan jangan sembarangan mengkonsumi makanan. Terlebih lagi jika makanan tersebut bersifat asam sebaiknya jangan coba-coba dikonsumsi oleh penderita maag karena bisa fatal akibatnya.

Bagi penderita maag sebaiknya menerapkan pola makan yang sehat dan teratur. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan dan jangan mengabaikan waktu makan. Telat makan adalah salah satu pemicu timbulnya gejala maag. Biasakan untuk menyempatkan sarapan dengan konsumsi makanan sehat. Selain itu atur pola makan supaya bisa konsisten dan jangan seenaknya dalam mengkonsumsi makanan.

Dalam menjalankan ibadah puasa tentunya harus menahan untuk tidak makan dari waktu terbit fajar hingga terbenam matahari. Lalu bagaimana dengan penderita penyakit maag? Apa saja menu sahur sehat yang dianjurkan untuk penderita penyakit maag? Simak penjelasannya berikut ini!

Inilah Menu Sahur Sehat Untuk Penderita Penyakit Maag Selama Puasa Ramadhan

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat

Salah satu tips bagi Anda penderita penyakit maag supaya tetap aman menjalankan ibadah puasa Ramadhan secara penuh yaitu dengan memilih konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Mengapa harus karbohidrat kompleks? Hal ini karena makanan yang mengandung karbohidrat kompleks bisa membuat perut menjadi kenyang lebih lama karena dicerna lebih lama didalam tubuh.

Adapun beberapa contoh jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yaitu diantaranya sereal gandum, roti gandum, nasi merah dan lain sebagainya yang bisa dijadikan sebagai menu shur sehat untuk penderita penyakit maag. Konsumsi makanan tersebut dengan tambahan jenis makanan sehat lainnya guna mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh selama puasa.

Makanan Yang Mengandung Protein

Nah, selanjutnya damping dengan jenis makanan yang mengandung protein sehat seperti daging ayam tanpa kulit, daging sapi tanpa lemak, telur, tempe dan juga tahu. Dengan konsumsi makanan sehat tersebut tentunya akan membuat lambung lebih sehat sehingga penyakit maag tidak mudah kambuh saat menjalani puasa.

Lemak

Asupan lemak juga penting untuk tubuh saat puasa bagi Anda penderita maag. Sebaiknya konsumsi jenis makanan yang mengandung sumber lemak baik saat sahur. Salah satu contoh jenis makanan yang mengandung lemak baik diantaranya yaitu buah alpukat, kacang-kacangan, ikan salmon dan makanan sehat lainnnya. Hindari jenis makanan yang mengandung lemak jahat termasuk jenis makanan yang diolah dengan cara di rebus.

Vitamin dan Mineral

Penuhi juga kebutuhan vitamin dan mineral pada saat sahur. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin dari kelompok buah dan sayuran. Salah satu contohnya seperti sayuran yang berwarna hijau sangat baik bagi penderita penyakit maag. Hindari jenis sayuran yang bisa membuat perut kembung seperti brokoli, kubis dan juga kol.

Bagi Anda penderita penyakit maag yang belum terlalu parah sebaiknya minum obat maag 15 menit sebelum menyantap makan sahur. Hindari konsumsi makanan yang memiliki citarasa pedas, asam, kadar gula tinggi dan juga mengandung kafein karena bisa memperparah kondisi sakit maag. Pilihlah menu sahur sehat selama menjalani ibadah puasa Ramadhan sehingga Anda tidak terkendala oleh penyakit maag.

Jika kondisi penyakit maag sudah cukup parah sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran yang lebih akurat. Memahami kondisi tubuh dengan tepat tentunya menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Utamakan menu sahur sehat bagi Anda sekalian, tidak hanya bagi penderita penyakit maag saja, namun bagi semua orang yang menjalankan ibadah puasa.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517