Menu MPASI: Sup Salmon dan Labu Siam

Labu siam merupakan salah satu jenis tanaman yang hidup merambat. Biasanya labu siam tumbuh diatas tanah yang lembab dan basah. Labu siam termasuk tanaman dengan proses pertumbuhan yang sangat cepat sehingga dalam waktu kurang lebih 30 hari buahnya sudah bisa di panen. Sayuran yang satu ini sangat mudah untuk diolah menjadi beragam jenis masakan. Salah satunya yaitu ditambahkan ke dalam sup ikan salmon.

Labu siam sangat kaya akan kandungan kalsium dan posfor.  Dalam 100 gram labu siam terdapat 14 mg kalsium dan 25 mg posfor. Nutrisi tersebut berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang serta gigi anak. Selain itu, labu siam juga mengandung antioksidan berupa senyawa flavonoid yang berperan penting dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sedangkan ikan salmon, kandungan gizinya tidak perlu diragukan lagi. Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yaitu DHA yang bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan kecerdasan anak. Selain itu, omega-3 juga berperan aktif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit.

Adapun resep untuk membuat sup ikan salmon dan labu siam yaitu sebagai berikut

Bahan-bahan:

  • ┬╝ labu siam (parut kasar)
  • 1 ons ikan salmon (potong dadu)
  • 30 gram kacang polong
  • 1 butir kuning telur ayam kampung
  • 1 bawang bombay cincang halus
  • 15 gram keju parut
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 300 ml kaldu
  • Garam dan lada secukupnya (untuk anak 1 tahun keatas)

Cara membuat sup salmon dan labu siam:

  1. Didihkan kaldu, lalu masukkan labu siam, ikan salmon dan kacang polong.
  2. Tumis bawang bombay dengan minyak zaitun hingga layu dan aromanya harum. Kemudian masukkan ke dalam sup.
  3. Masukkan kuning telur secara perlahan sambil diaduk.
  4. Tambahkan keju parut sambil diaduk, angkat dan siap untuk disajikan.

Demikian resep dan cara membuat sup ikan salmon labu siam. Gunakan sarung tangan ketika mengupas labu siam karena getahnya lengket dan bisa menyebabkan tangan Anda kesemutan serta mati rasa sementara. Jika mengupas labu siam sebaiknya dilakukan dibawah air mengalir sehingga getahnya tidak akan mengenai tangan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517