Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Saat Buka Puasa

Bagi penderita diabetes, menjalankan ibadah puasa mungkin menjadi salah satu hal yang sedikit terbilang berat. Mengapa demikian? Hal ini karena penderita diabetes harus bisa mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi selama menjalankan ibadah puasa. Penderita diabetes memiliki kelainan atau gangguan dalam hal produksi atau kinerja dari hormone insulin. Hal inilah yang menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Oleh karena itu, hendaknya memilih menu makanan untuk penderita diabetes secara selektif saat buka puasa maupun pada waktu sahur.

Usahakan supaya jenis makanan yang dikonsumsi bisa memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga tidak akan menaikkan kadar gula darah secara tiba-tiba yang bisa berakibat fatal nantinya. Pemilihan jenis makanan dan pengaturan pola makan selama menjalani puasa memang sangatlah penting bagi penderita diabetes. Hal ini jangan disepelekan supaya tidak berakibat fatal.

Sebelum memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa, supaya ibadah yang dijalankan lancar tanpa hambatan, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis makanan yang baik dan pengaturan pola makan yang tepat. Jangan memaksakan dan jangan asal-asalan sebab akibatnya bisa sangat fatal.

Pemilihan makanan, pengaturan pola makan dan treatment lainnya perlu diperhatikan oleh penderita diabetes sehingga nantinya penyakit tersebut tidak akan memberikan dampak yang lebih fatal lagi. Berbicara tentang pengaturan jenis makanan dan pola makan selama menjalani puasa bagi penderita diabetes, berikut ini penjelasannya!

Pemilihan Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Saat Buka Puasa
  1. Berbukalah Dengan Makanan Ringan (Buah Potong)

Salah satu menu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes saat beruka puasa yaitu makanan ringan berupa buah potong. Contohnya seperti pir, apel, pisang maupun jeruk. Pastikan bahwa jenis buah yang dikonsumsi memiliki indeks glikemik rendah sehingga aman untuk penderita diabetes.

Disamping itu, yang paling lumrah adalah konsumsi buah kurma yang mengandung tinggi serat  dan mindeks glikemiknya rendah sehingga aman untuk kesehatan dan tidak akan berdampak buruk untuk penderita diabetes. Untuk citarasa yang lebih nikmat, kombinasikan dengan makanan lain seperti yoghurt.

  1. Batasi Gorengan

Seakan menjadi hal yang lumrah jika pada saat puasa mengkonsumsi makanan seperti gorengan sebagai menu pembuka. Namun bagi penderita diabetes, konsumsi jenis makanan ini sebaiknya dibatasi sebab bisa berakibat fatal jika dikonsumsi jterlalu banyak. Kandungan lemak jenuh pada gorengan bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Selain itu, penderita diabetes juga sebaiknya hindari jenis makanan seperti kue-kue manis, makanan bersantan dan juga eskrim pada waktu berpuasa.

  1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks Sebagai Menu Makanan Utama

Pilihlah jenis karbohidrat kompleks untuk dikonsumsi pada waktu berbuka puasa. Karbohidrat kompleks akan membuat perut kenyang lebih lama dan tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Contoh jenis makanan tersebut seperti nasi merah, biji-bijian, dan gandum. Karbohidrat kompleks dinilai lebih aman untuk penderita diabetes.

  1. Hindari Konsumsi Roti

Roti putih, kentang atau biskuit sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung indeks glikemik tinggi. Jenis makanan ini sebaiknya dihindari supaya tidak memberikan dampak yang negatif untuk kesehatan penderita diabetes.

  1. Perbanyak Air Putih

Saat berbuka dan sahur, perhatikan asupan air putih. Perbanyaklah minum dan hindari minuman seperti kopi atau teh yang mengandung kafein. Hal ini karena dapat menyebabkan dehidrasi dan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh terutama penderita diabetes.

  1. Jangan Makan Terlalu Berlebihan

Makan berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Terlebih lagi bagi Anda penderita diabetes sebaiknya atur pola makan dengan baik dan benar. Jangan sembarangan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang terlalu banyak. Gunakan teknik porsi makan kecil namun sering. Hal ini sangat efektif bagi penderita diabetes.

Adapun Contoh Menu Makanan Untuk Penderita Diabetes Pada Waktu Berbuka Puasa

Pilihan Makanan Ringan

  • Semangkuk susu campur sereal
  • Kombinasi yoghurt kurma
  • Kolak atau bubur kacang hijau rendah gula
  • Salad buah dan sayur dengan saus terbatas
  • Smoothies pisang stroberi
  • Buah potong

Pilihan Makanan Utama

  • Setengah mangkuk nasi merah dikombinasikan dengan 1 potong ayam bakar, tumis kangkung, tahu dan tempe rebus, sayuran atau sup ayam.
  • Satu buah ubi ungu ukuran sedang dikombinasikan dengan tumis kangkung dan ikan goreng.
  • 1 atau 2 lembar roti gandum campur sup kacang merah berisi wortel dan daging sapi.
  • Setengah mangkuk nasi putih campur 1 buat tahu, tumis brokoli jamur tahu dan 1 mangkuk kecil ayam jahe bawang putih.

Demikian tips dan saran dalam memilih menu makanan untuk penderita diabetes saat berbuka puasa. Perhatikan pengaturan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Jangan sembarangan dan jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan. Pola hidup sehat akan memperkecil bahaya atau risiko diabetes.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517