Menu Makanan Tepat Untuk Lancar ASI Ibu

Guna mengatasi lancar ASI pada ibu yang tengah menyusui, maka bukan hanya perawatan payudara yang harus di perhatikan, melainkan ibu menyusui juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan selama menyusui. Upaya memenuhi asupan makanan yang memiliki kandungan beberapa zat vitamin serta protein mampu memberikan rangsangan juga meningkatkan produksi ASI ibu. Mengapa? Karena selain dari cadangan energi lemak yang ada di dalam tubuh ibu, energi yang memang dibutuhkan guna memproduksi ASI juga bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui. Oleh karena itu, bagi ibu yang tengah menyusui di anjurkan untuk mengkonsumsi sejumlah makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang dalam jenis yang bervariasi setiap harinya.

Hal ini sangatlah penting agar ASI lancer, karena dengan begitu kebutuhan energi serta sejumlah zat gizi yang dibutuhkan selama menyusui bisa terpenuhi secara maksimal. Nah, agar kualitas serta kuantitas ASI ibu bisa tetap terjaga dengan baik, maka menu makanna yang dikonsumsipun harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

Berikut ini kami akan informasikan beberapa menu makanan guna mengatasi ASI tidak lancer, yaitu sebagai berikut:

  1. Sumber kalori

Selama Anda menyusui, sebaiknya ketika Anda memasak nasi Anda campurkan dengan sedikit kacang hijau atau bahkan dicampurkan dengan sedikit beras merah. Campuran ini selain bisa menambah energi Anda, jenis makanan ini juga memiliki kandungan vitamin B kompleks juga serat yang baik untuk ibu menyusui.

  1. Buah-buahan dan sayur-sayuran

Buah juga sayuran merupakan sumber vitamin, mineral juga serat yang dibutuhkan oleh tubuh selama ibu menyusui. Anda bisa membuat menu sayuran yang beraneka ragam setiap harinya, agar Anda tidak merasakan bosan dengan hidangan tersebut.

  1. Sumber protein

Untuk bahan makanan yang memang memiliki sumber protein seperti tempe, tahu, daging ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak, ikan, sejumlah kacang-kacangan juga biji-bijian. Sangat dibutuhakn tambahan protein sekitar 15 gram setiap harinya ketika akan di konsumsi. Dan salah satu menu makanan sumber protein yang bisa Anda sajikan yaitu pepes ikan air laut atau bahkan air tawar, sup ikan kakap, empal daging sapi dan masih banyak lagi pilihan menu yang bisa Anda padu padankan.

  1. Banyak cairan

Ketika Anda menyusui, sebaiknya Anda memperbanyak asupan cairan untuk tubuh Anda, seperti mengkonsumsi susu sapi segar, susu kedelai, jus buah yang di buat tanpa menggunakan gula, atau bahkan air mineral. Anda harus mengusahakan agar Anda meminum paling tidak 8 gelas setiap harinya, atau kira-kira sekitar 1-2 liter air selama 24 jam. Bukan hanya itu, Anda juga harus memperbanyak mengkonsumsi sayuran yang memiliki kuah juga buah-buhan yang segar.

  1. Cemilan

Nah, untuk cemilan Anda selama menyusui, maka Anda bisa mengkonsumsi kacang tanah yang telah di sangria atau telah di oven, marning jagung goreng, jagung rebus, atau bahkan kedelai yang di goreng. Sejumlah cemilan ini sangat baik di konsumsi selama Anda menyusui.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517