Menu Makanan Tepat Untuk Bayi 6 Bulan

Pada usia bayi 6 bulan, merupakan waktu yang tepat untuk bunda memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI kepada si kecil. Di suia bayi 6 bulan ini, si kecil sudah mampu memproduksi sejumlah enzyme pencernaan, sehingga ia mampu mencerna makanan lain selain ASI. Pemberian MPASI terhadap si kecil juga bisa menurunkan resiko terjadinya alergi yang disebabkan dari makanan yang di konsumsinya jika diberikan kepadanya tepat di usia 6 bulan dengan alasan di usia 6 bulan sistem pencernaan si kecil mulai sempurna, dan akan menghasilkan IgA, yakni protein immunoglobin yang mana memiliki peranan untuk melindungi sistem pencernaan si kecil.

porsi makan bayi 6 bulan

Walaupun IgA bisa di peroleh si kecil dari ASI, namun produksi yang di hasilkan sangatlah rendah, sehingga si kecil kemungkinan besar akan terkena alergi makanan jika ia diberikan MPASI atau makanan untuk bayi 6 bulan. Bukan hanya itu, di usia bayi 6 bulan juga sudah mulai mengalami perkembangan yang terjadi di dalam tubuh guna menggerakan makanan yang masuk serta mendorong makanan tersebut dari arah depan ke arah belakang mulutnya, dengan mekanisme seperti ini, hal ini akan sangat memudahkan si kecil dalam menyantap MPASI yang bunda berikan kepadanya.

Pada bayi 6 bulan, nutrisi seperti apa yang memang dibutuhkannya? Bayi 6 bulan merupakan tahapan awal bagi si kecil untuk mengenal yang namanya asupan nutrisi selain dari ASI yang selama ini ia terima, sehingga MPASI yang bunda berikan kepada si kecil harus benar-benar disesuaikan dengan perkembangan si kecil. Dan berikut ini ada beberapa kebutuhan nutrisi yang penting untuk si kecil, yaitu sebagi berikut:

  1. Protein

Protein ini mampu membantu si kecil dalam memelihara juga memperbaiki jaringan-jaringan tubuh si kecil, sehingga mampu dalam mengontrol setiap fungsi tubuh oleh enzim.

  1. Lemak

Lemak sangat di butuhkan oleh tubuh si kecil guna menambah sumebr energy pada si kecil. Bunda harus menyediakan asam lemak esensial juga vitamin larut yang mana merupakan kepentingan nutrisi yang harus di cukupi oleh bayi 6 bulan.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat juga penting untuk si kecil, karena merupakan salah satu sumber energy pertama yang dibutuhkan oleh si kecil untuk menyediakan energy selain dari ASI.

  1. Vitamin dan Mineral

Hampir setiap vitamin sangat di butuhkan dalam proses perkembangan bayi, terutama bayi 6 bulan, yakni Vitamin A, Vitamin B, Vitamin K, Vitamin E, Vitamin D juga Vitamin C.

Nah, di atas merupakan beberapa kebutuhan nutrisi yang harus bunda cukupi untuk bayi 6 bulan. Dan di bawah ini ada resep makanan yang tepat untuk bayi 6 bulan yang harus di sesuaikan dengan porsi makan bayi 6 bulan, yaitu sebagai berikut:

Resep Bubur Ikan Sarden

Bahan

25 gram beras putih/merah

40 gram ikan sarden, dicincang

500 ml dari sari tomat (bisa anda dapatkan dari jus tomat segar tanpa bahan campuran)

20 gram tahu, dihaluskan

25 gtam kacang merah yangg direbus kemudian dihaluskan

Cara membuat

Beras merah yang telah di sediakan harus di cuci sebelumnya dengan bersih, setelah itu bunda bisa mencampurkannya sari tomat yang memang telah halus, masaklah sampai beras menjadi empuk juga mengental, kurang lebih masak selama 20 menit.

Setelah di masak selama 20 menit, bunda bisa mencampurkannya dengan tahu, ikan sarden, kacang merah yang telah bunda haluskan, setelah itu aduklah sampai merata sampai semua bahannya benar-benar tercampur. Dan inilah saatnya bubur siap di sajikan untuk si kecil, ingat, sajikan selagi hangat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517