Menu Makan Sehat Untuk Ibu Hamil Dalam Menjalani Program Kehamilan

Kebutuhan nutrisi pada waktu hamil akan meningkat dua kali lipat. Ibu hamil harus mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya dan juga janin yang ada di dalam rahim. Memilih jenis makanan pada waktu hamil harus hati-hati dan teliti sehingga bisa menunjang kesehatan serta perkembangan janin. Ibu hamil harus mengetahui jenis dan menu makanan yang dianjurkan dan dilarang untuk dikonsumsi pada waktu hamil.

Pada tahap awal disarankan untuk memilih menu makan sehat program kehamilan yang bisa mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil pada tahap awal kehamilan yaitu asam folat. Seperti yang kita ketahui bahwa asam folat memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang perkembangan janin dan mencegah terjadinya kerusakan saraf. Selain itu, asam folat berguna untuk mencegah bayi lahir secara prematur.

Memasuki tahap awal kehamilan biasanya ibu hamil akan mengalami gejala yang disebut dengan morning sickness seperti mual dan muntah sehingga menyebabkan nafsu makan berkurang. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan cara mengubah pola makan yaitu dengan mengkonsumsi menu makan sehat untuk ibu hamil. Apabila semua kebutuhan zat gizi terpenuhi maka akan menekan berbagai macam keluhan yang terjadi pada awal kehamilan.

Pilihan Menu Makan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

  • Ikan

Ikan bisa menjadi salah satu pilihan menu makan sehat untuk ibu hamil. Jenis ikan yang dianjurkan untuk dikonsumsi pada waktu hamil yaitu ikan salmon. Kandungan nutrisi pada ikan salmon sangat berguna untuk menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan otak janin. Jenis ikan yang satu ini memiliki kandungan merkuri yang sangat rendah sehingga aman untuk ibu hamil dan janin.

  • Sayuran

Menu makan sehat program kehamilan yang selanjutnya yaitu mengkonsumsi sayur-sayuran. Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sayur seperti brokoli atau sayuran hijau lainnya. Pada waktu hamil kebutuhan asam folat sangat tinggi untuk menunjang perkembangan janin. Oleh karena itu dengan mengkonsumsi sayuran seperti brokoli maka akan mencukupi kebutuhan asam folat selama hamil. Keuntungan lain mengkonsumsi sayuran yaitu untuk meningkatkan ssitem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin. Disamping itu, mengkonsumsi sayuran secara rutin selama hamil dapat menjaga kesehatan organ pencernaan karena sayur mengandung banyak serat.

  • Telur

Telur dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil dalam melengkapi menu makan sehat untuk mencukupi kebutuhan protein yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Selain kaya akan protein, telur juga mengandung kolin yang berguna untuk mencegah kelainan saraf pada janin dan menjaga kesehatan otak. Untuk menunjang kehamilan yang sehat, konsumsilah telur secara teratur dengan porsi yang seimbang.

  • Buah-buahan

Kandungan nutrisi yang terdapat pada buah-buahan tidak perlu diragukan lagi. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi berperan penting sebagai atioksidan sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil dan janin. Kandungan asam folat pada buah juga berguna untuk menunjang perkembangan otak janin. Namun dalam mengkonsumsi buah, Anda harus mengetahui buah yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama hamil. Hal ini untuk mencegah kemungkinan buruk terjadi pada kehamilan Anda.

  • Sereal dan kacang-kacangan

Sereal gandum bisa menjadi pilihan Anda dalam melengkapi menu makanan sehat selama menjalani program kehamilan. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi jenis kacang-kacangan. Biji-bijian tersebut memiliki kandungan protein dalam jumlah yang sangat tinggi. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin dan kalsium yang brguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan mendukung perkembangan janin. Kandungan folat yang terdapat pada makanan tersebut sangat bermanfaat untuk kecerdasan otak janin.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517