Menu dan Resep MPASI 10 Bulan

Menginjak usia 10 bulan, pergerakan bayi semakin aktif karena rasa ingin tahunya semakin tinggi untuk mengeksplorbenda-benda di sekelilingnya. Kini perkembangan dari semua anggota tubuhnya semakin dinamis. Kini si kecil perlahan mulai belajar untuk berdiri dan mencoba berjalan. Nah, untuk mengoptimalkan perkembangan tersebut maka sebaikny didukung dengan asupan MPASI 10 bulan yang memiliki keseimbangan gizi.

Perkembangan bayi akan semakin meningkat pesat. Dukungan nutrisi menjadi komponen yang sangat penting untuk mengoptimalkan perkembangan tersebut. Bayi yang berusia 10 bulan tentunya sudah memiliki kemampuan untuk mengunyah dan menelan makanan dengan baik. Kini secara perlahan Anda sudah bisa melatih si kecil untuk makan sendiri dengan memberikan finger food.

Sajian menu MPASI 10 bulan harus memperhatikan kelengkapan nutrisinya mengingat kebutuhan nutrisi bayi sangat banyak pada tahapan ini. Sajikan menu makanan yang bervariasi sehingga nutrisinya akan saling melengkapi.

Makanan yang direkomendasikan meliputi jenis sayuran, buah-buahan, ikan, protein hewani dan makanan bergizi lainnya. Namun dalam hal ini sebaiknya hindari jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi. Mengapa? Serat yang tinggi bisa menimbulkan masalah seputar pencernaan pada bayi sehingga dikhawatirkan akan memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembangnya.

Apabila Anda ingin memberikan daging unggas sebaiknya berikan daging ayam kampung. Alasannya karena daging ayam kampung masih bersifat alami atau tidak mengandung bahan kimia dari pakannya. Untuk jenis ikan pastikan bebas merkuri seperti ikan salmon atau tuna.

Resep Tim Kentang Brokoli

Bahan:

  1. 1 gram tahu potong dengan ukuran kecil-kecil
  2. 40 gram daging ayam kampung
  3. 120 ml air bersih
  4. 200 gram kentang
  5. 25 gram brokoli dipotong kecil-kecil

Cara membuat:

  • Langkah pertama masukan daging ayam, wortel dan kentang dalam satu wadah pemasakan seperti panci, tambahkan air dan masak hingga mendidih
  • Selanjutnya masukan brokoli dan masak hingga teksturnya lunak
  • Segera hidangkan selagi hangat untuk bayi

Tim kentang brokoli tentunya mengandung gizi yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa kentang merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh bayi dalam tahap perkembangannya. Selain itu, brokoli mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi untuk meningkatkan sistem imun si kecil.

Resep Agar Sari Buah Untuk Si Kecil Sebagai Cemilan Sehat

Selain makanan utama, sispkan cemilan sehat untuk si kecil disela-sela makanan utama. Hal ini untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Namun usahakan cemilan yang Anda sajikan tidak mengandung pewarna, pemanis dan perasa yang terlalu berlebihan. Kandungan tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada anak.

Bahan:

  1. 1 gelas jus mangga
  2. 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
  3. 2 gelas air putih
  4. ½ gelas perasan jeruk mandarin
  5. ½ sendok gula putih

Cara membuat:

  • Campurkan serbuk agar-agar dengan gula putih
  • Masukan dua gelas air dan jus mangga. Tambahkan juga perasan jeruk mandarin dan masak hingga mendidih atau matang.
  • Siapkan cetakan dan tuang adonan kedalam cetakan khusus agar-agar.
  • Tunggu hingg dingin dan mengeras.
  • Agar-agar sari buah siap disajikan untuk si kecil sebagai cemilan sehat.

Agar-agar sari buah tentunya sangat bergizi untuk si kecil karena menggunakan perpaduan buah segar seperti jeruk yang kaya akan kandungan vitamin C. Manfaat cemilan sehat ini diantaranya yaitu untuk meningkatkan imun tubuh si kecil, menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah penyakit yang bisa menghambat tumbuh kembang si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517