Menu Cemilan Sehat Untuk Anak-Anak

Seiring dengan perkembangan dan bertambahnya usia anak maka aktivitasnya juga bertambah. Anak-anak biasanya lebih suka bermain di luar rumah dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Selain itu, aktivitas anak juga bertambah ketika mulai memasuki lingkungan sekolah. Semakin banyak aktivitas tentunya akan menguras banyak energi sehingga anak membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak untuk kebutuhan tubuhnya.

Pada masa pertumbuhan anak-anak memerlukan asupan makanan yang mengandung gizi seimbang untuk mencukupi semua kebutuhan nutrisi harian. Akan tetapi terkadang anak-anak sering mengabaikan jadwal makan karena terlalu asyik bermain sehingga lebih memilih mengkonsumsi cemilan. Kondisi seperti ini tentunya akan membuat orangtua khawatir. Untuk mengatasi hal tersebut, para orangtua bisa memberikan cemilan sehat pada anak sehingga kebutuhan nutrisi pada masa pertumbuhannya tidak akan terganggu.

Menu Cemilan Sehat Untuk Anak-Anak

 

Berikut Ini Ada Beberapa Alternatif Cemilan Sehat Untuk Anak-Anak

Sereal

Salah satu jenis cemilan sehat yang bisa Anda berikan untuk anak yaitu cemilan yang berbahan dasar gandum seperti sereal. Gandum merupakan salah satu sumber makanan bermanfaat untuk menunjang perkembangan otak dan menambah energi. Kandungan nutrisi pada gandunm seperti zat besi, , vitamin B, protein, kerbohidrat, magnesium, mangan dan serat. Vitamin B yang terdapat pada gandum berguna untuk meningkatkan energi, mengatasi kelelahan dan menstabilkan gula darah. Anda bisa memberikan sereal pada anak dengan campuran buah segar.

Produk olahan susu

Cemilan sehat yang selanjutnya yaitu produk olahan susu seperti yoghurt dan keju. Anda bisa memberikan yoghurt untuk anak sebagai cemilan di sela-sela jadwal makan berat. Yoghurt mengandung banyak gizi seperti molybdenum, vitamin B, protein, posfor dan seng.  Beragam nutrisi tersebut sangat berguna untuk menunjang pertumbuhan anak. Selain itu, Anda juga bisa memberikan keju sebagai cemilan untuk anak. Penyajian keju bisa di campurkan ke dalam roti gandum. Keju memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak.

Kacang almond

Kacang almond merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin E, vitamin B, posfor, mangan, tembaga, magnesium dan triptofan. Semua nutrisi tersebut berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, meningkatkan energi dan menunjang pertumbuhan anak.

Selai kacang

Untuk menyajikan cemilan selai kacang yang dicampurkan pada makanan lain seperti dioleskan pada roti. Selai yang berbahan dasar kacang mengandung banyak protein, lemak sehat dan serat yang berguna untuk menunjang pertumbuhan dan menjaga kesehatan anak. Anda bisa memberikan selai kacang dengan cara dioleskan pada roti gandum atau jenis kue yang lainnya. Makanan ini bisa menjadi salah satu alternatif cemilan sehat untuk anak-anak.

Buah-buahan

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak pada masa pertumbuhan, Anda bisa memberikan cemilan berupa buah-buahan segar. Buah merupakan salah satu sumber makanan yang banyak mengandung vitamin C dan sumber serat. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas atau zat asing berbahaya. Kebiasaan mengkonsumsi buah secara rutin akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak sehingga anak tidak akan mudah sakit. Buah-buahan bisa Anda berikan pada anak di sela-sela jadwal makan berat.

Kentang goreng

Kentang adalah salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin A, karbohidrat dan asam folat. Oleh karena itu kentang bisa dijadikan sebagai alternatif cemilan sehat untuk anak. Sebaiknya Anda membuat kentang goreng di rumah supaya lebih aman dan tidak akan membahayakan kesehatan anak.

Related Posts

Share This