Menstruasi Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Wanita

Menstruasi merupakan siklus rutin yang terjadi pada wanita setiap bulan. Ketika menstruasi terkadang sebagian wanita merasa tidak nyaman dengan gejala yang dirasakan seperti pusing, kram perut dan perubahan emosi yang membuat mereka mudah tersinggung dan lebih sensitif. Gejala tersebut tak jarang membuat perasaan tidak nyaman ketika beraktivitas.

Manfaat menstruasi

Pada waktu menstruasi sebaiknya wanita tidak perlu banyak mengeluh karena tanpa Anda sadari kalau menstruasi itu bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat dari menstruasi untuk kesehatan tubuh wanita? Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai manfaat menstruasi bagi wanita.

Manfaat Menstruasi Bagi Kesehatan Tubuh Wanita

Membersihkan tubuh. Siklus menstruasi yang berjalan normal setiap bulan sangat berguna untuk membersihkan tubuh dari berbagai macam organisme seperti bakteri. Ketika menstruasi, berbagai macam bakteri terutama dari organ reproduksi akan dikeluarkan bersama dengan darah. Selain itu, menstruasi juga mengeluarkan zat besi yang berlebih di dalam tubuh sehingga menurunkan resiko penyakit stroke, jantung dan Alzheimer.

Menstabilkan kondisi tubuh. Menstruasi merupakan salah satu tanda bahwa hormone-hormon di dalam tubuh tetap seimbang sehingga hal ini menjadi indikator kesehatan.

Menjaga berat badan ideal. Manfaat menstruasi yang selanjutnya yaitu untuk menjaga berat badan supaya tetap ideal. Wanita yang mengalami siklus menstruasi secara teratur setiap bulan akan terhindar dari kelebihan berat badan karena tidak terjadi penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu, wanita yang mempunyai siklus menstruasi normal akan terhindar dari kekurangan berat badan (kurus). Menstruasi merupakan salah satu tanda berat badan yang ideal dan senantiasa akan menjaga berat badan ideal pada wanita.

Mempengaruhi penampilan. Pengaruh hormonal pada waktu menstruasi akan memberikan dampak positif setelah menstruasi. Keluhan selama menstruasi yang terjadi pada kulit seperti munculnya jerawat akan hilang setelah menstruasi dan membuat penampilan Anda lebih baik. Gejala-gejala yang dirasakan ketika menstruasi perlahan-lahan akan hilang dan membuat Anda merasa nyaman setelah menstruasi.

Membuat kondisi tubuh lebih sehat. Proses menstruasi akan membantu menyeimbangkan kadar zat besi di dalam tubuh sehingga akan membuat kondisi tubuh tetap bugar dan berstamina. Akan tetapi terkadang hal ini tidak disadari oleh kebanyakan wanita.

Demikian beberapa manfaat menstruasi untuk kesehatan tubuh wanita. Oleh karena itu Anda tidak perlu banyak mengeluh dengan gejala-gejala menstruasi. Untuk menunjang kesehatan tubuh dan memperlancar menstruasi sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi dan rutin melakukan olahraga. Intensitas olahraga pada waktu menstruasi tidak boleh berlebihan karena bisa berbahaya. Lakukanlah olahraga ringan secara teratur dan hati-hati. Olahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan bergizi akan memberikan dampak positif serta meminimalisir berbagai macam keluhan selama menstruasi.

Related Posts

Share This