Menjaga Kesehatan di Kehamilan 24 Minggu

Setelah menginjak trimester ke-2 atau memasuki kehamilan 24 minggu maka tumbuh kembang janin terjadi dengan sangat pesat. Pada minggu ini terjadi perubahan fisik dan organ-organ tubuh janin sudah hampir sempurna dengan segala fungsinya.

Pada usia 24 minggu kehamilan, janin sudah perlahan memiliki paru-paru yang lebih baik. Disamping itu janin sudah memiliki kemampuan untuk mengkoordinasi otot-ototnya dengan lebih baik. Bahkan berat dan panjang janin kian bertambah.

Usia kehamilan 24 minggu berat janin sekitar 600 gram dengan panjang sekitar 30 cm. Bertambahnya bobot janin karena pertumbuhan dan perkembangan organ janin sudah berlangsung dengan sangat baik.

Salah satu contohnya yaitu perkembangan paru-paru yang secara perlahan memiliki alveoli dan cairan surfaktan pelindung paru-paru. Pada kehamilan 24 minggu perkembangan organ-organ dalam janin terjadi secara signifikan.

Saraf motorik dan perkembabangan koordinasi otot semakin membaik ditandai dengan kebiasaan janin yang mulai menghisap jempol dan mengepalkan tangan. Perkembangan koordinasi otak dan otot akan terus mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Menjaga Kesehatan Dengan Asupan Makanan Bergizi

Menjaga kesehatan pada usia kehamilan 24 minggu sangat penting mengingat di tahapan ini rentan terjadi berbagai penyakit. Salah satu jenis penyakit yang perlu Anda waspadai yaitu hipertensi. Penyakit ini rentan menyebabkan komplikasi yang bisa berakibat fatal terhadap tumbuh kembang janin.

Untuk menghindari resiko penyakit hipertensi maka sebaiknya Anda membatasi asupan makanan yang mengandung kadar garam tinggi. Sebaiknya makanan yang mengandung garam untuk dibatasi karena hal tersebut sebagai salah satu bagian hidup sehat selama menjalani kehamilan.

Menjaga rasa makanan dengan citarasa alami menjadi salah satu cara terbaik untuk menghindari resiko hipertensi. Sebaiknya Anda diet rendah garam dengan menurunkan konsumsi makanan dengan kadar garam tinggi. Lebih baik perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan potassium. Salah satu contohnya aprikot dan kacang-kacangan.

Potassium memiliki peranan yang cukup penting dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Akan tetapi jika Anda menderita gangguan pada organ ginjal maka sebaiknya hindari potassium karena bisa memperburuk keadaan.

Kalsium dan magnesium juga penting untuk dipenuhi karena merupakan nutrisi yang penting bagi penderita hipertensi. Sumber nutrisi ini bisa dengan mudah Anda peroleh dari ikan laut, susu, kol, rumput laut, alpukat, kacang mede, bayam dan kacang almond kering.

Selain itu, buah-buahan yang kaya akan serat sangat bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah tinggi. Bahkan asam lemak omega-3 memegang peranan penting untuk menurunkan tekanan darah. Konsumsilah makanan tersebut secara teratur guna menjaga kesehatan selama hamil.

Pada kehamilan 24 minggu, mengkonsumsi wortel dianjurkan bagi ibu hamil. Wortel kaya akan kandungan vitamin A atau betakaroten. Disamping itu, wortel kaya akan kandungan vitamin B, vitamin C, vitamin K, posfor, kalsium, aluminium, sodium, tembaga dan magnesium.

Mengkonsumsi wortel memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi ibu hamil. Salah satunya yaitu menunjang tumbuh kembang janin. Bahkan betakaroten pada wortel berperan penting sebagai antioksidan dan berifat antiimflmasi serta antikanker.

Mengkonsumsi wortel secara rutin selama hamil akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), menjaga kesehatan pencernaan, mencegah kejang, menguatkan pembuluh darah dan mencegah penyakit yang bisa membahayakan tumbuh kembang janin.

Untuk menghindarinkebosanan dalam mengkonsumsi wortel, variasikan olahan wortel dengan menu yang beragam atau kombinasikan dengan sayuran jenis lain. Selain itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi jus wortel yang segar dan kaya akan manfaat.

Related Posts

Share This