Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

Menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi wanita dan pria. Organ intim wanita sangat rentan terkena infeksi bakteri bila dibandingkan dengan organ intim laki-laki. Kesehatan organ reproduksi tidak hanya sebatas terbebas dari penyakit, akan tetapi kesehatan organ reproduksi juga mencakup kehidupan seks yang aman dan tidak ada gangguan pada kesuburan.

Kesehatan organ intim wanita penting untuk dijaga supaya terhindar dari penyakit yang membahayakan dan mencegah terjadinya infertilitas (tidak subur). Disarankan agar wanita senantiasa membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil ataupun buang air besar. Selain itu, pada waktu membersihkan organ intim harus dilakukan dengan cara yang benar.

Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

Tips Untuk Menjaga Kebersihan Organ Intim Wanita

Bersihkan vagina menggunakan cara yang benar

Organ intim wanita sangat rentan terkena infeksi virus dan bakteri. Oleh karena itu kebersihan organ tersebut harus benar-benar dijaga. Disarankan bagi wanita untuk membersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil ataupun buang air besar dengan menggunakan air yang bersih. Untuk menghindari infeksi bakteri, cuci vagina dengan air dari arah depan ke belakang dan jangan mencuci vagina dengan arah sebaliknya karena dikhawatirkan bakteri dari anus akan terbawa ke vagina.

Biasakan mengganti pembalut secara rutin

Pada waktu menstruasi, disarankan bagi wanita untuk sering mengganti pembalut, apalagi pada awal menstruasi yang banyak mengeluarkan darah. Darah kotor merupakan salah satu media yang paling disukai oleh bakteri untuk berkembang. Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya infeksi pada organ intim sebaiknya rutin mengganti pembalut selama menstruasi.

Hindari penggunaan sabun

Pada waktu membersihkan vagina tidak dianjurkan untuk menggunakan sabun. Hal ini karena sabun bisa menyebabkan vagina menjadi kering sehingga rentan terjadinya iritasi. Selain itu, penggunaan sabun bisa mengganggu keseimbangan pH pada vagina. Untuk membersihkan organ intim sebaiknya Anda menggunakan produk ramuan herbal yang bebas dari bahan kimia supaya aman dan tidak menimbulkan permasalahan baru.

Hindari kebiasaan douching

Douching adalah aktivitas memasukan jari ke dalam vagina supaya ejakulasi dengan tujuan untuk membersihkan bagian dalam dari vagina. Kegiatan tersebut berbahaya bagi kesehatan vagina karena akan menyebabkan bakteri lactobacilli berkurang atau bahkan hilang. Selain itu kegiatan douching bisa menyebabkan iritasi pada vagina sehingga bisa memicu terjadinya infeksi.

Biasakan untuk membersihkan organ kewanitaan setelah melakukan hubungan intim

Untuk menjaga kesehatan organ intim, disarankan untuk selalu membersihkan vagina sebelum dan setelah melakukan hubungan intim. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya infeksi pada vagina dan meminimalisir reiko terjadinya infeksi pada kandung kemih.

Rutin mengganti celana dalam

Kebersihan organ intim wanita juga sangat bergantung pada kebersihan pakaian terutama pakaian dalam. Bagi wanita dianjurkan untuk mengganti celana dalam minimal dua kali dalam sehari. Bagi wanita yang aktif bergerak dan banyak beraktivitas sebaiknya rutin mengganti celana dalam untuk menghindari lembab pada vagina yang bisa memicu pertumbuhan bakteri.

Menerapkan pola hidup sehat

Kesehatan tubuh terutama organ intim sangat erat kaitannya dengan pola hidup dan kebiasaan sehari-hari. Maka dari itu, hindarilah kebiasaan buruk yang bisa merugikan kesehatan serta biasakan untuk rutin berolahraga dan menjaga asupan makanan yang mengandung gizi seimbang.

Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan

Untuk mencegah penyakit yang bisa membahayakan kesehatan organ intim, sebaiknya Anda rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Selain melakukan pemeriksaan, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter dalam hal menjaga kesehatan organ intim.

Related Posts

Share This