Meningkatkan Perkembangan Bahasa Bayi Usia 6 Bulan

Pada usia 6 bulan bayi sudah memiliki kemampuan untuk merangkak dan mengambil sesuatu dengan cara dicubit menggunakan jari-jari tangannnya. Selain itu, pada tahapan ini bayi sudah bisa menggabungkan antara bahasa tubuh dan suara yang diucapkannya. Pada usia ini bayi sudah pandai mengoceh meskipun bahasanya belum terdengar jelas.

Meningkatkan Perkembangan Bahasa Bayi

Perlu Anda ketahui bahwa bahasa itu tidak bisa diajarkan pada bayi. Hal ini karena bahasa adalah sesuatu yang ditangkap oleh bayi bukan diajarkan. Tugas Anda sebagai orangtua hanya memberikan stimulus bagi bayi untuk meningkatkan perkembangan bahasanya. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu lebih sering mengajak bayi berbicara sehingga bayi akan menangkap berbagai macam kosa kata yang Anda ucapkan. Dengan begitu bayi akan mengerti bahwa berbicara merupakan sesuatu yang menyenangkan.

Cara Meningkatkan Perkembangan Bahasa Bayi Usia 6 Bulan

Mengucapkan kata-kata isyarat pada bayi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada bayi usia 6 bulan yaitu dengan memberikan kata-kata isyarat. Secara tidak langsung kata-kata isyarat akan menstimulus bayi untuk memberikan tanggapan. Mengapa bisa terjadi seperti itu? Hal ini karena bayi yang berusia 6 bulan sudah memiliki pola suara.

Salah satu contoh kata-kata isyarat yang bisa Anda ucapkan yaitu “tepuk tangan”. Kata-kata isyarat tersebut akan direkam oleh bayi. Ketika Anda mengucapkan kata-kata yang sama pada waktu yang berbeda maka bayi akan mengerti dengan kata yang diucapkan sehingga langsung mempraktekannya. Permainan bahasa isyarat akan membuat Anda semakin mengerti tingkat perkembangan daya ingat bayi.

Permainan kata

Permainan kata-kata sangat berguna dalam meningkatkan kemampuan bahasa bayi. Permainan ini akan mengajrkan pada bayi bahwa berbicara dan berbahasa itu merupakan sesuatu yang menyenangkan. Selain itu, permainan kata akan menstimulus perkembangan memori bayi. Anda bisa mengucapkan kata-kata yang sederhana seperti “anak panda berjalan di taman.” Kata-kata tersebut diucapkan sambil menggambar lingkaran menggunakan jari Anda pada perut bayi. Kemudian Anda bisa berimprovisasi dengan kata-kata lain.

Asosiasikan kata-kata dengan benda

Nah, untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada bayi yang berusia 6 bulan sebaiknya Anda mulai mengasosiasikan kata-kata yang diucapkan dengan benda yang ada disekitar Anda. Salah satu contohnya yaitu ketika Anda mengucapkan kata “buah” maka katakan “lihat buah jeruk itu” sambil menunjuk buah jeruk asli yang ada pada meja makan. Bayi akan merekam apa yang Anda ucapkan sehingga perlahan-lahan bayi akan mengerti.

Mengajak bayi untuk bersosialisasi

Langkah selanjutnya dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada bayi yaitu dengan mengajak bayi untuk bersosialisasi. Anda bisa mengajak bayi untuk bergabung satu meja dengan banyak anak-anak lain dan orangtua. Di situ Anda akan melihat bagaimana reaksi bayi ketika berbaur dalam sebuah diskusi. Bayi Anda akan memalingkan wajahnya dari satu pembicara ke pembicara yang lain. Perhatikan bagaimana dia mencoba untuk menanggapi apa yang diucapkan oleh orang lain. Cara ini akan menstimulus bayi dalam mempelajari seni bahasa sehingga bayi akan merekam semua yang didengarnya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tingkat pemahaman bayi dalam berbahasa dan menambah kosa kata bayi.

Demikian cara yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa pada bayi yang berusia 6 bulan. Teknik yang benar dalam memberikan stimulus akan membuat bayi lebih mudah untuk mempelajari kosa kata yang Anda ucapkan. Hindari mengucapkan kata-kata kotor karena secara tidak langsung bayi sudah memiliki kemampuan untuk merekam setiap perkataan yang Anda ucapkan.

Related Posts

Share This