Mengkonsumsi Brokoli Bisa Ancam Kesehatan Tubuh, Benarkah?

Seperti yanb telah Anda ketahui, bahwa hampir semua jenis sayuran memiliki nilai gizi yang memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Namun ternyata, ada beberapa jenis sayuran yang justru bisa membahayakan kesehatan jika di konsumsi dalam jumlah yang berlebih, diantaranya seperti brokoli, kentang juga bayam. Apakah Anda percaya?

Dan penting untuk Anda ketahui, bahwa ternyata ketiga jenis makanan tersebut masing-masing bisa membahayakan kesehatan tubuh Anda, bahkan bisa menjadi pemicu munculnya penyakit yang membahayakan.
Agar lebih jelas, berikut ini kami berikan alasan mengapa sayuran tersebut berbahaya untuk kesehatan, yaitu sebagai berikut:

1. Brokoli

Brokoli, memang jenis sayuran ini sempat diteliti, dan disebut bisa menurunkan resiko kanker yang menyerang tubuh. Bukan hanya itu, brokoli juga merupakan salah satu sumber vitamin C juga vitamin K dalam jumlah yang cukup banyak. Namun Anda jangan salah, ternyata orang-orang dengan kondisi tiroid harus sangat berhati-hati dengan jenis sayuran yang satu ini.

Mengapa seperti itu? Karena nyatanya, brokoli ini dianggap bisa menyebabkan tiroid yang dialami oleh seseorang bisa semakin membesar dan juga gondok. Akan tetapi ada pula kabar baiknya, karena memasak brokoli dan juga keluarga brokoli lainnya seperti kembang kol justru bis amengurangi senyawa goitrogenik yang justru bisa membahayakan tiroid, dengan catatan di masak dengan cara yang tepat dan konsumsi yang secukupnya.

2. Kentang

Walaupun kentang ini termasuk kedalam jenis sayuran yang menyehatkan tubuh, karena memiliki lebih dari 20% nilai harian vitamin C, vitamin B6 dan potassium. Namun ternyata, kentang ini juga termasuk kedalam salah satu makanan yang bisa menyebabkan masalah kesehatan tubuh Anda. Karena ternyata, sayuran ini memiliki kandungan alkaloid yang memang bisa mempengaruhi kinerja otot juga fungsi saraf serta fungsi dari persendian.

3. Bayam

Bayam memiliki kandungan serat, vitamin K, vitamin A, zat besi juga kandungan protein yang jelas sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun sangat di sayangkan, karena bagi sebagian orang, bayam ini juga bisa menjadi musuh terbesar, mengapa? Karena bayam juga memiliki kandungan oksalat yang mana bisa mengkristal serta menyebabkan batu ginjal.

Oksalat yang terkandung di dalam sayuran bayam ini ternyata hanya mampu menurun sekitar 5-15% ketika bayam tersebut di masak. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki resiko penyakit ginjal, maka Anda dianjurkan untuk menghindari mengkonsumsi jenis sayuran yang satu ini. Namun jika Anda tidak memiliki resiko penyakit ginjal, maka tidak ada alasan untuk Anda mengkonsumsi salah satu makanan yang memang sangat di gemari oleh banyak orang.

Nah, itu dia tadi beberapa alasan mengapa ketiga sayuran ini bisa membahayakan kesehatan tubuh. Dan sebenarnya, tidak ada alasan untuk Anda tidak mengkonsumsi ketiga sayuran tersebut jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit tertentu.

Related Posts

Share This