Menghilangkan Rasa Ngantuk Setelah Makan Siang

Mengantuk merupakan hal yang wajar sebagai bentuk respon tubuh yang memberi isyarat untuk beristirahat. Mengantuk setelah makan siang atau makan malam bisa terjadi pada setiap orang. Ketika Anda mengantuk setelah makan malam mungkin tidak akan menjadi persoalan yang berarti dan wajar-wajar saja. Akan tetapi apabila rasa kantuk tersebut datang setelah makan siang maka kondisi tersebut akan menghambat Anda dalam beraktivitas.

Rasa kantuk setelah makan siang bisa saja disebabkan oleh adanya kesalahan dalam mengkonsumsi makanan sehingga memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Mengkonsumsi makanan manis atau yang mengandung kadar gula tinggi akan memicu gula darah meningkat dari biasanya. Hak ini menyebabkan pankreas memproduksi lebih banyak insulin dan mendorong triptopan dari darah ke otak dan kemudian diubah menjadi serotonin sehingga mengakibatkan rasa kantuk.

Mengatasi rasa kantuk setelah makan siang

Rasa kantuk setelah makan siang tentunya akan mengganggu aktivitas dan menurunikan semangat dalam bekerja. Oleh karena itu penting sekali untuk menyiasati hal tersebut supaya rasa kantuk tidak menghambat produktivitas dan mobilitas.

Kiat Untuk Mengatasi Rasa Ngantuk Setelah Makan Siang

  • Mengkonsumsi sayur dan buah. Untuk mencegah rasa kantuk setelah makan siang, Anda bisa menyantap menu makan siang dengan campuran buah dan sayur. Buah-buahan akan menjaga kebugaran tubuh dan memberiikan energi. Hal ini karena buah-buahan mengandung gula alami akan membuat kenyang lebih lama dan mencegah produksi insulin yang berlebih. Buah-buahan dan sayur bisa menjadi alternatif dan pelengkap makan siang untuk mencegah rasa kantuk.
  • Mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Kebanyakan orang menyantap menu makan siang dengan makanan pokok seperti nasi sebab tanpa nasi menurut mereka tidak akan kenyang. Tapi tahukah Anda bahwa nasi merupakan sumber makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi dan bukan karbohidrat kompleks. Banyaknya asupan karbohidrat akan memicu gula darah dan peningkatan insulin sehingga akan membuat Anda ngantuk setelah mengkonsumsi nasi.¬†Untuk mengatasi rasa kantuk setelah makan sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat kompleks akan membuat tubuh tetap bugar. Karbohidrat komplek akan dicerna oleh tubuh secara perlahan dan berlangsung lambat sehingga gula darah tidak akan meningkat.
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Rasa ngantuk pada siang hari bisa dipicu oleh kekurangan cairan tubuh. Oleh karena itu untuk mencegah rasa ngantuk setelah makan siang sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan mengkonsumsi air putih.
  • Membatasi asupan makanan berlemak dan mengandung gula. Kebiasaan mengkonsumsi berbagai macam menu makanan pada siang hari merupakan pemicu rasa kantuk. Mengkonsumsi makanan yang berlemak dan mengandung kadar gula yang tinggi akan membuat tubuh mudah merasa lelah dan mengantuk.
  • Hindari makan berlebihan dan mencukupi waktu tidur pada malam hari. Untuk mengatasi rasa kantuk pada siang hari setelah makan sebaiknya Anda membatasi porsi makan supaya tidak berlebihan. Perut yang terlalu kenyang akan membuat Anda mudah lelah sehingga menyebabkan rasa kantuk. Selain itu Anda harus mencukupi waktu tidur pada malam hari supaya kondisi tubuh Anda tetap bugar.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517