Menghentikan Kebiasaan Anak Yang Selalu Berbicara Kasar

Mendidik anak sejak usia dini sangat penting supaya anak tumbuh menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan beretika. Sifat alami dari seorang anak yaitu meniru sikap dan perilaku dari lingkungan sekitarnya. Anak-anak belum bisa membedakan mana yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Ketika anak terjun di lingkungan yang cenderung lebih keras maka kemungkinan akan bersikap kasar, baik itu dari segi ucapan ataupun perbuatan.

Anak-anak meniru perkataan kasar karena mereka belum mengerti arti kata-kata yang diucapkannya. Dalam hal ini peran orangtua sangat dibutuhkan untuk memberikan pengertian pada anak mengenai perilaku yang tidak boleh dilakukan. Membangun komunikasi yang baik dengan anak adalah salah satu langkah awal dalam memberikan pembelajaran dan pengertian bahwa berbicara kasar merupakan perilaku yang tidak beretika sehingga tidak boleh dilakukan.

Kebiasaan anak berbicara kasar

Selain memberikan pengertian, menyikapi kebiasan anak yang suka berkata kasar adalah dengan cara tidak merespon apa yang diucapkan oleh anak. Apabila orangtua memberikan respon ketika anak berkata kasar maka anak akan berpikiran kalau perbuatan tersebut adalah hal yang biasa dan boleh dilakukan. Disamping itu ketika anak berprilaku baik maka Anda harus memberikan penghargaan seperti pujian supaya anak akan terpacu dan berpikiran bahwa perbuatan baik adalah hal yang harus dilakukan.

Trik Untuk Menghadapi Anak Yang Mempunyai Kebiasaan Berkata Kasar

Memberikan penjelasan pada anak. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi anak yang mempunyai kebiasaan berkata kasar adalah memberikan pengertian dan penjelasan pada anak bahwa perbuatan tersebut merupakan perilaku yang tidak boleh dilakukan. Pada awal-awal mungkin Anda akan kesulitan karena anak belum terbiasa. Memberikan pengertian pada anak membutuhkan waktu sehingga Anda dituntut untuk bersikap sabar dan pantang menyerah.

Bersikap tenang ketika menghadapi anak. Menyikapi anak yang berkata kasar harus bersikap tenang dan jangan mudah terpancing emosi. Selain itu, Anda juga jangan mudah merespon perkataan kasar dari anak sebab hal tersebut akan membuat anak merasa diperhatikan sehingga akan terus menjadi kebiasaan. Ketika anak merasa tidak diperhatikan atas ucapan kasar tersebut maka perlahan-lahan kebiasaan tersebut akan hilang.

Melakukan pendekatan yang bersifat rasional. Apabila anak Anda berbicara kasar di depan umum sebaiknya jangan langsung menegurnya apalagi sampai marah pada anak. Menegur anak di depan umum akan membuat anak merasa dipermalukan dan tidak akan mendengarkan nasehat Anda. Cara terbaik adalah dengan melakukan pendekatan yang rasional ketika suasana sudah tenang sehingga anak akan lebih mudah untuk diarahkan.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Perempuan Lembut dan Mandiri

Jangan pernah menceritakan perilaku anak. Ketika anak Anda berprilaku buruk dan berkata kasar sebaiknya Anda jangan menceritakan hal tersebut pada orang lain seperti saudara atau keluarga yang lain. Hal ini akan membuat anak merasa dipermalukan dan anak akan menganggap bahwa perbuatan buruk itu harus diceritakan pada oranglain. Kondisi seperti ini tentunya akan berbahaya bagi perkembangan psikologis anak.

Berikan penjelasan mengenai konsekuensi. Cara lain untuk mengatasi dan menghentikan kebiasaan anak yang suka berkata kasar adalah dengan memberikan penjelasan serta kosekuensi dari perbuatan tersebut. Anak-anak harus diberi penjelasan mengenai efek negatif berkata kasar. Anda harus mengarahkan anak supaya berprilaku positif serta ajarkan pula pada anak untuk membedakan antara perilaku baik dan buruk.

Itulah beberapa trik dalam menghadapi anak yang mempunyai kebiasaan berperilaku buruk dan berkata kasar. Semoga bermanfaat bagi Anda dalam menerapkan kebiasaan baik dan pola asuh bagi anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517