Menghadapi Anak Yang Memiliki Sifat Pemilih Makanan

Seiring dengan bertambahnya usia anak, orangtua biasanya akan dihadapkan dengan sifat anak yang lebih selektif terhadap makanan. Kondisi tersebut tentunya membuat para orangtua kewalahan, terlebih jika makanan yang tidak disukai oleh anak merupakan makanan yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhannya. Salah satu jenis makanan sehat yang biasanya tidak disukai oleh anak-anak yaitu jenis sayur-sayuran. Seperti yang kita ketahui kalau sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk pertumbuhan anak dan menjaga kesehatan.

Menghadapi Anak Yang Memiliki Sifat Pemilih Makanan

Menghadapi dan mengatasi anak yang pemilih makanan membutuhkan proses dan tidak bisa dilakukan secara instan. Dalam hal ini diperlukan waktu dan kesabaran karena mengatasi anak pemilih makanan merupakan suatu proses dalam membentuk kebiasaan baru yang mungkin terasa asing bagi anak. Dalam hal ini Anda jangan memaksakan anak untuk mengkonsumsi makanan yang tidak disukainya karena hal tersebut akan memperburuk selera makan anak. Orangtua harus bisa menyiasati dan mempunyai cara untuk mengatasi anak yang pemilih makanan.

Cara Menghadapi Anak Yang Memiliki Sifat Pemilih Makanan

  • Membuat menu makanan yang lebih bervariasi

Menghadapi anak yang pemilih makanan memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Dalam hal ini Anda di tuntut untuk lebih kreatif mengolah makanan. Anak-anak biasanya tidak menyukai sayuran padahal sumber makanan tersebut mengandung banyak nutrisi untuk kebutuhan pertumbuhannya. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mengolah atau mencampurkan sayuran ke dalam makanan yang disukai oleh anak sehingga kebutuhan nutrisi untuk anak tetap terpenuhi.

  • Membuat menu makanan yang menarik

Langkah selanjutnya untuk mengatasi anak yang memiliki sifat pemilih makanan yaitu dengan membuat menu makanan yang unik dan menarik minat anak untuk makan. Anak-anak biasanya lebih menyukai makanan yang memiliki bentuk unik dan berwarna mencolok. Dalam hal ini Anda bisa berkreasi membuat makanan yang berbahan dasar sayur dengan tampilan yang menarik, misalnya dibentuk tokoh kartun atau bentuk hewan. Tampilan yang menarik akan membuat anak penasaran sehingga tertarik untuk mengkonsumsi makanan tersebut.

  • Berikan secara perlahan dan jangan memaksa anak

Mengatasi anak yang pemilih makanan harus dilakukan secara perlahan sehingga lama kelamaan anak akan terbiasa dan menyukai makanan tersebut. Anda harus memberikan pengertian pada anak mengenai pentingnya mengkonsumsi makanan seperti sayuran. Selain itu, Anda bisa memberikan sayuran pada anak dengan cara menyiasatinya atau menyisipkan ke dalam makanan yang disukai oleh anak.

  • Memberikan batasan supatya anak tidak banyak jajan

Anak-anak biasanya lebih memilih jajanan di warung daripada mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus membatasi anak agar mengontrol kebiasaan jajan cemilan yang tidak mengandung gizi. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membuat cemilan sehat yang berbahan dasar sayuran. Salah satu contohnya yaitu mengolah sayuran menjadi mie atau mengolah sayuran menjadi eskrim. Dengan begitu anak-anak akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi sayuran.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517