Mengetahui Waktu Yang Tepat Untuk Memberikan ASI

ASI adalah sumber makanan utama untuk bayi yang baru lahir sampai berusia 6 bulan. ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap dan tidak bisa digantikan oleh sumber makanan lain. Pemberian ASI bagi si kecil harus dilakukan secara ekslusif selama 6 bulan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Selain melengkapi semua kebutuhan nutrisi, ASI juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Waktu Yang Tepat Untuk Memberikan ASI

Dalam memberikan ASI untuk bayi, ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan. Salah satunya yaitu waktu yang tepat untuk memberikan ASI untuk bayi. Pemberian ASI dengan cara yang benar dan waktu yang tepat akan bermanfaat untuk menunjang perkembangan fisik dan psikis buah hati Anda.

Berikut Ini Ada Beberapa Poin Penting Yang Harus Anda Perhatikan Ketika Memberikan Asi Untuk Si Kecil

  • Berikan ASI pertama sesaat setelah bayi dilahirkan. Penting sekali untuk memberikan air susu yang baru pertama kali keluar setelah melahirkan. Meskipun air susu tersebut dalam jumlah yang sedikit, namun memiliki kandungan nutrisi yang melimpah untuk menunjang perkembangan si kecil.
  • Biasakan untuk memberikan ASI setiap kali si kecil memintanya. Seiring dengan bertambahnya usia, maka si kecil akan mempunyai kebiasaan dan jadwal sendiri untuk menyusu. Usahakan untuk selalu memberikan ASI tersebut setiap kali si kecil memintanya. Selain itu, untuk menunjang kualitas ASI sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi.
  • Usahakan tetap memberikan ASI walaupun memiliki kesibukan. Bagi Anda yang memiliki kesibukan di luar rumah atau wanita karir, sebaiknya tetap memeberikan ASI untuk bayi dan jangan menggantinya dengan susu formula. Untuk memudahkan Anda memberikan ASI pada si kecil maka bisa dilakukan dengan cara memerah ASI yang kemudian disimpan ke dalam botol. Hal yang harus Anda perhatikan yaitu ASI perah harus disimpan didalam lemari pendingin dan dicairkan terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi. Ketika Anda mempunyai waktu luang setelah bekerja sebaiknya memberikan ASI secara langsung.
  • ASI ekslusif. Memberikan ASI secara ekslusif selama 6 bulan adalah hal yang wajib untuk menunjang perkembangan si kecil. Selain itu, pemberian ASI secara ekslusif berguna untuk menghindarkan bayi dari alergi makanan selain ASI.

Memberikan ASI secara ekslusif merupakan tugas wajib yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Selama kondisi kesehatan memungkinkan sebaiknya pemberian ASI jangan pernah dihentikan sampai bayi berusia 6 bulan. Hal ini penting sekali untuk menunjang perkembangan otak dan fisik si kecil. Menyusui bayi harus dilakukan dengan teknik yang benar dan waktu yang tepat.

Cara yang tepat dalam menyusui bayi yaitu dilakukan secara rutin dan teratur. Anda tidak perlu menyusui dalam waktu yang lama, cukup lakukan selama 10 sampai 15 menit namun dilakukan dengan intensitas yang sering. Berikan ASI untuk bayi setiap 2 atau 3 jam sekali. Selain itu Anda juga harus mengarahkan bayi supaya menyusu dengan benar. Pada waktu bayi menghisap puting, usahakan supaya mulutnya terbuka lebar sehingga menutupi sebagian areola. Jangan membiarkan mulut bayi hanya menutupi bagian putting saja karena air susu yang diperoleh tidak akan maksimal.  Selain itu bibir atas dan bibir bawah bayi harus terbuka lebar ke bagian luar bukan melipat ke bagian dalam. Hal ini untuk mengoptimalkan proses menghisap air susu.

Related Posts

Share This