Mengetahui Usia Ideal Bagi Wanita Untuk Hamil dan Melahirkan

Perkawinan adalah salah satu cara untuk melestarikan keturunan dan memenuhi kebutuhan biologis. Untuk menjalani semua itu tentunya ada batasan usia yang harus Anda pertimbangkan. Dalam program pemerintah menyebutkan bahwa usia ideal untuk menikah bagi perempuan yaitu 21 tahun dan laki-laki yaitu 25 tahun. Nah, hal ini berkaitan dengan usia ideal wanita untuk hamil dan mempunyai keturunan.

Berikut Beberapa Penjelasan Mengenai Usia Ideal Wanita Untuk Hamil dan Melahirkan

  1. Usia remaja (dibawah 20 tahun)

Usia yang baik bagi wanita untuk hamil yaitu diatas 20 tahun. Hal ini berkaitan dengan resiko kehamilan dibawah usia 20 tahun. Jika ditelusuri secara medis bahwa wanita dibawah usia 20 tahun memiliki organ reproduksi yang belum matang dan siap untuk proses kehamilan. Kondisi tersebut tentunya sangat beresiko dan bisa menyebabkan gangguan terhadap kesehatan. Kondisi sel telur yang belum matang dan rahim yang belum sepenuhnya kuat sangat dikhawatirkan mengganggu perkembangan janin.

Hamil pada usia dibawah 20 tahun sangat beresiko menyebabkan kelahiran prematur. Kondisi tersebut bisa menyebabkan berat badan janin dibawah rata-rata dan mengakibatkan depresi postpartum sang ibu. Pada dasarnya usia melahirkan saat remaja sangat rawan terhadap kondisi kesehatan sang ibu dan juga janin yang dilahirkan.

  1. Usia 21 – 35 tahun

Pada usia 21-35 tahun merupakan usia yang paling ideal untuk hamil dan melahirkan. Resiko yang berhubungan dengan kehamilan dan proses persalinan sangat rendah yaitu sekitar 15% saja. Pada tahapan usia ini seorang wanita sudah memiliki kematangan dari segi emosional, aspek sosial dan sistem reproduksi. Usia tersebut sangat ideal untuk hamil dan melahirkan. Bahkan ahli kesehatan berpendapat bahwa pada usia 24 tahun merupakan puncak kesuburan.

  1. Usia diatas 35 tahun

Meskipun usia ideal untuk hamil adalah dibawah 35 tahun, namun Anda masih bisa memperoleh momongan diatas usia 35 tahun tergantung bagaimana tingkat kesuburan. Namun hal ini tentunya harus berdasarkan pertimbangan yang matang. Hal ini karena kehamilan pada usia diatas 35 tahun sangat beresiko menyebabkan berbagai permasalahan seperti penyakit diabetes. Selain itu hamil pada usia diatas 30 tahun sangat beresiko kondisi medis pada ibu hamil seperti fibroid uterine. Gangguan medis tersebut sangat beresiko memicu pertumbuhan tumor dan mengakibatkan rasa sakit pada organ kewanitaan.

Nah, itulah penjelasan mengenai usia ideal untuk hamil dan melahirkan. Bagi Anda yang masih berusia remaja sebaiknya berpikir ulang jika memutuskan untuk menikah di usia muda sebelum 20 tahun. Banyak resiko yang akan dihadapi baik yang bersifat sosial, mental ataupun segi kesehatan lainnya. Hamil dan melahirkan pada usia ideal tentunya akan berdampak positif terhadap perkembangan anak dan juga kesehatan ibu hamil. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517