Mengetahui Seputar Keluhan Ibu Hamil 9 Bulan

Ibu hamil 9 bulan biasanya merasa cemas karena tinggal menghitung hari untuk menuju persalinan. Perasaan khawatir dan cemas yang melanda ibu hamil terbilang sebagai hal yang wajar terjadi dan tentunya dialami oleh semua ibu hamil. Namun jika terlalu berlebihan maka dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap kesehatan janin dan juga persiapan menujua persalinan.

Keluhan hamil 9 bulan tidak hanya akan mengganggu proses persalinan, namun juga berdampak terhadap kesehatan ibu dan janin. Hal ini perlu mendapat pemeriksaan dokter untuk memastikan normal atau tidaknya keluhan tersebut.

Konsultasi dengan dokter selama kehamilan merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Selain untuk mendeteksi kesehatan janin, konsultasi juga bisa menjadi solusi untuk memecahkan permasalahan seputar keluhan yang dirasakan.

Perkembangan Janin Pada Kehamilan 9 Bulan

Sebelumnya mari kita intip terlebih dahulu perkembangan janin pada kehamilan 9 bulan. Apa saja yang terjadi pada kehamilan 9 bulan? Bagaimana perkembangan janin pada periode menjelang persalinan? Apa saja yeng perlu dilakukan?

Pada kehamilan 9 bulan, janin sudah dikatakan mengalami perkembangan yang sempurna dan siap untuk menuju kelahiran. Pada periode ini masih terjadi proses pertumbuhan sebagai bagian dari proses penyempurnaan fungsi-fungsi tubuh janin.

Dalam hal ini ibu hamil harus terfokus untuk menjaga berat badan janin dengan memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Selain itu, hindari stres berlebih karena secara tidak langsung berpengaruh terhadap kesehatan janin.

Pentingnya pemeriksaan kehamilan tahap akhir yaitu untuk mengetahui normalnya perkembagan janin terutama dalam hal bobot tubuhnya. Secara umum pada periode menjelang persalinan, janin akan memiliki bobot tubuh sekitar 3-4 kg.

Perkembangan organ tubuh yang masih berlangsung pada kehamilan 38 minggu yaitu paru-paru yang semakin siap untuk menghirup udara. Disamping itu, janin 9 bulan dipersiapkan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru di luar rahim.

Kulit bayi pada usia ini dipersiapkan untuk melindungi dirinya dari lingkungan luar. Kuku bayi juga tumbuh dengan baik dan mata bayi sudah berwarna lebih baik walaupun masih harus mengalami perkembangan beberapa saat lagi.

Perubahan Pada Ibu Hamil 9 Bulan

Keluhan ibu hamil 9 bulan diantaranya yaitu gangguan pernapasan yang diakibatkan oleh perkembangan janin yang semakin membesar sehingga menekan bagian diafragma. Hal ini mungkin akan membuat ibu hamil kesulitan untuk menemukan kenyamanan terutama pada waktu tidur.

Ibu hamil juga mengalami keluhan pembengkakan pada kaki. Hal ini terkait dengan janin yang semakin membesar sehingga memberikan beban dan tekanan pada kaki. Pembuluh darah terhambat sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan. Solusinya tidak lain yaitu dengan melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki santai secara rutin sebagai upaya memperlancar sirkulasi darah.

Satu hal yang kadang membuat ibu hamil kebingungan pada tahap ini yaitu kontraksi palsu berupa gejala kram perut yang menyakitkan seperti mau melahirkan. Kondisi ini bisa dipicu oleh kelelahan. Oleh karena itu perhatikan waktu istirahat.

Keluhan lain yang perlu diwaspadai pada kehamilan 9 bulan yaitu lemas, pusing yang mengganggu aktivitas. Kondisi ini bisa dipicu oleh kekurangan darah dan sering dialami pad atahap akhir kehamilan sebagai keluhan yang wajar.

Dalam upaya untuk mengatasi keluhan-keluhan tersebut maka perhatikan pola makan dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Perhatikan asupan cairan dan lakukan olahraga khusus ibu hamil seperti jalan santai, yoga maupun meditasi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This