Mengetahui Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak

Motorik kasar merupakan sejumlah gerakan fisik yang memang sangaja membutuhkan keseimbangan serta koordinasi antara anggota tubuh dalam melakukannya. Hal ini biasanya dilakukan dengan menggunakan sejumlah otot besar, baik menggunakan sebagian atau bahkan seluruh anggota tubuh. Misalkan dalam berjalan, berlari, melompat, dan sebagainya.

Perkembangan anak dalam motorik kasar memang memiliki rangkaian tahapan yang sangat berurutan. Itu artinya, setiap tahapan perkembangan harus dilalui serta dikuasi oleh setiap anak sebelum mereka memasuki tahapan perkembangan selanjtnya. Perlu di ketahui, bahwa tidak semua anak mampu menguasai semua keterampilan di usia yang sama. Mengapa? Karena perkembangan yang di lalui seorang anak memiliki sifat individual. Akan tetapi, adanya perbedaan tersebut tidak disebabkan oleh bayi yang jauh lebih pandai jika di bandingkan dengan bayi yang lainnya. Karena perkembangan keterampilan jelas-jelas tidak ada pengaruhnya secara langsung dengan tingkat kecerdasan anak.

Nah, di bawah ini ada beberapa tahapan perkembangan motorik anak yang memang telah disesuaikan dengan pertumbuhan di usianya:

Perkembangan anak usia 3 tahun

  1. Anak atau bayi di usia ini mampu berbalik atau bahkan berhenti sevara tiba-tiba atau bahkan cepat.
  2. Mampu melompat dengan lompatan tidak lebih dari 37-60 cm setiap lompatannya.
  3. Memiliki kemampuan naik tangga tanpa adanya bantuan dari orang sekitar.
  4. Mampu meloncat atau melompat dengan adanya tambahan beberapa variasi lompatan.

Perkembangan anak usia 4 tahun

  1. Di usia ini, anak mulai menunjukkan keaktifannya. Bahkan mereka mampu meniru, mengikuti, juga menikmati setiap gerakan yang dicontohkannya.
  2. Memiliki kemampuan mengontrol setiap gerakan serta mampu memberikan respon yang baik jika mereka diberikan petunjuk oleh orang dewasa. Misalkan seperti memulai, berhenti, atau bahkan berputar.
  3. Mampu melakukan naik turun tangga dengan langkah kaki yang memang saling bergantian.

Perkembangan anak usia 5 tahun

  1. Di usia si kecil yang mulai beranjak besar, ia mulai mampu melakukan setiap gerakan dengan cara yang konsisten serta waktu istirahat yang lebih pendek.
  2. Memiliki kemampuan dalam melakukan setiap permainan yang dilakukan dengan fisik yang memang bersifat sosial.
  3. Memiliki kemampuan dalam menaiki atau bahkan mengemudikan sepeda roda 3
  4. Mampu berjalan di dalah satu garis lurus kea rah depan atau bahkan arah belakang.
  5. Mampu melompat di tempat dengan menggunakan satu kaki saja.
  6. Memiliki kemampuan berjalan di atas papan dengan tetap menjaga keseimbangannya.

Itulah beberapa perkembangan motoric kasar anak yang harus dan wajib untuk bunda ketahui. Bukan hanya itu, bunda juga bisa membantu si kecil untuk terus mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sejak dini. Misalkan seperti mengajarkannya berjalan, atau bahkan menemaninya bermain atau melakukan sesuatu hal yang positif yang memang bisa mendukung tumbuh kembangnya.

Related Posts

Share This