Mengetahui Perkembangan Kehamilan 9 Minggu

Masa kehamilan 9 minggu memang masih rentan terhadap bahaya keguguran. Dalam hal ini Anda perlu hati-hati untuk menjaga kehamilan. Pentingnya untuk menjaga asupan nutrisi menjadi dalah satu fokus penting dalam upaya menjaga kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin. Selain itu, penting juga untuk melakukan pemeriksaan terkait perkembangan janin.

Memasuki usia kehamilan 9 minggu, sebelumnya masih berbentuk embrio, namun pada usia ini telah berkembang menjadi janin. Banyak gejala dan perubahan yang akan dirasakan oleh ibu hamil usia 9 minggu. Mungkin bagi wanita yang baru pertama kali menjalani masa kehamilan akan merasa sedikit terkejut dengan perubahan pada usia kehamilan ini.

Pada usia 9 minggu kehamilan, janin akan terus berkembang sehingga jika dilakukan pemeriksaan USG maka Anda akan bisa melihat jari kaki dan tangan janin yang mulai terbentuk. Disamping itu, organ tubuh lainnnya seperti bagian kaki dan tungkai mulai terbentuk.

Di usia 9 minggu kelopak mata janin tertutup rapat. Berat badan janin akan semakin bertambah dengan pesat dan plasenta mulai berfungsi untuk menyalurkan nutrisi yang diperlukan oleh bayi. Dalam hal ini sebaiknya Anda memperbanyak konsumsi makanan seperti sayur atau buah.

Gejala lain yang akan dirasakan oleh ibu hamil yaitu hasrat berhubungan intim dengan suami yang mulai berkurang. Dalam hal ini Anda harus berkomunikasi dan mendiskusikan bersama suami. Disamping itu, seiring janin yang berkembang maka akan timbul masalah pencernaan dan nyeri di bagian ulu hati.

Pola tidur akan mulai terganggu sebab sulit untuk menemukan posisi yang nyaman. Namun di usia kehamilan ini Anda bisa menggunakan posisi tidur miring dan gunakan bantal sebagai pengganjal sehingga akan merasa lebih nyaman.

Untuk menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan janin di dalam kandungan maka disarankan supaya Anda melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai dan berenang. Dengan melakukan olahraga secara teratur maka akan memberi banyak keuntungan dalam menjalani kehamilan, Daya tahan tubuh akan meningkat sehingga terhindar dari resiko gangguan kehamilan yang membahayakan tumbuh kembang janin.

Disamping itu, Anda juga harus memperhatikan waktu istirahat sehingga tubuh tidak akan mengalami kelelahan yang bisa berakibat terhadap kesehatan janin. Luangkan waktu istirahat untuk bersantai supaya Anda terhindar dari stres. Pada dasarnya Anda harus menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga kehamilan yang Anda jalani tidak akan menjadi beban.

Memperbanyak waktu istirahat pada usia kehamilan 9 minggu adalah salah satu cara yang peling tepat supaya Anda terhindar dari kelelahan. Perhatikan juga keseimbangan gizi untuk menunjang kekuatan dan kebugaran tubuh.

Perhatikan pola makan dan jenis makanan yang Anda konsumsi sehari-hari selama menjalani masa kehamilan terutama pada usia 9 minggu. Perbanyak konsumsi sayur dan buah karena mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama hamil. Selain itu, pebuhi kebutuhan asam folat dan zat besi dalam upaya mendukung tumbuh kembang janin secara maksimal.

Hindari konsumsi makanan yang bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari yaitu makanan berlemak, makanan yang tinggi kadar gula atau makanan mentah. Pengolahan makanan selama hamil sebaiknya dilakukan dengan benar. Jangan coba-coba mengkonsumsi makanan setengah matang atau mentah.

Menjaga kehamilan supaya tetap sehat menjadi salah satu kunci supaya proses persalinan berlangsung dengan baik tanpa gangguan apapun yang bersifat fisik maupun psikis. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517