Mengetahui Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

Hai bunda! Di akhir trimester pertama atau ketika janin usia 12 minggu, keadaan janin yang berada di dalam kandungan sudah mulai tumbuh dengan begitu pesat. Dan perlu untuk Anda ketahui, bahwa kandungan Anda mulai disebut dengan janin ketika usia kandungan Anda melebihi minggu ke 10.

Perlu juga Anda ingat, bahwa keadaan embrio hanya akan berlaku bagi kandungan yang masih berusia di bawah 10 minggu, dan keadaan zygote bagi kandungan yang masih berusia kurang dari 4 minggu. Jika seperti itu, bagaimana bagaimana pertumbuhan juga perkembangan janin di usia kehamilan 12 minggu atau di akhir trimester pertama?

Menurut beberapa ulasan, bahwa bertambahnya berat serta panjang janin yang ada di dalam kandungan merupakan hal yang utama, apalagi di usia kandungan 12 minggu. Anda bisa membayangkan, ketika usia kehamilan memasuki minggu ke 10, berat badan janin yang ada di dalam kandungan hanya sekitar 4 gram, dan panjangnya sekitar 3 cm. Namun dengan hanya bersela 2 minggu saja, kini janin sudah memiliki berat badan 20 gram dengan panjang badannya sekitar 6 cm.

Adanya pertambahan berat serta panjang janin yang ada di dalam kandungan itu menunjukkan adanya pertumbuhan yang baik di bagian tulang serta otot janin. Dikarenakan otot serta tulang yang tumbuh dengan baik, maka kontur wajah janin yang ada di dalam kandungan juga akan terlihat lebih baik di usia kehamilan 12 minggu.

Bukan hanya itu, di usia kehamilan 12 minggu, janin juga akan mulai di tumbuhi oleh kuku-kuku kaki serta tangan, yang memang diakibatkan oleh membaiknya proses adaptasi janin yang ada di dalam kandungan dengan kalsium yang masuk kedalam ibu hamil.

Selain itu, di usia kehamilan 12 minggu, pancreas juga mulai berfungsi dengan baik. Bahkan hormon insulin akan mulai disekresikan pertama kalinya ketika usia kehamilan ibu memasuki usia 12 minggu.

Penting untuk Anda ketahui, walaupun kelopak mata si janin yang ada di dalam kandungan sudah terbentuk dengan baik dan bahkan bisa dibilang sempurna, namun kelopak matanya tidak akan terbuka sampai usia kehamilan memasuki bulan ke 7. Kelopak mata yang terus tertutup ini bukan tidak memiliki fungsi, melainkan memiliki fungsi dan manfaat yang besar, yaitu di tujukan agar pertumbuhan saraf optic si janin bisa terlindungi dengan sangat baik.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai perkembangan janin usia 12 minggu yang memang harus benar-benar di ketahui juga di pahami oleh ibu hamil, terutama bagi ibu yang memang baru mengalami kehamilan. Dengan Anda mengetahui perkembangan janin yang ada di dalam kandungan, pastinya bisa membantu Anda mengetahui nutrisi apa saja yang memang di butuhkan selama kehamilan yang harus Anda cukupi. Semoga artikel yang kami posting kali ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Related Posts

Share This