Mengetahui Perkembangan Janin Pada Kehamilan 30 Minggu

Tak lama lagi janin akan segera lahir dan tentunya Anda sudah tidak sabar untuk menantikan kelahiran si buah hati yang selam ini didambakan. Pada kehamilan 30 minggu tentunya membuat Anda semakin penasaran untuk segera menggendong si kecil. Bahkan Anda merasa panasaran dengan perkembangan pada minggu 30.

Saat usia kehamilan 30 minggu, janin sudah berkembang menjadi lebih mandiri dan kini bobot tubuhnya bertambah mencapai 1,4 kg dengan panjang sekitar 40 cm. Perkembangan dan pertambahan bobot pada janin menandakan bahwa asupan nutrisi yang Anda berikan pada janin diolah dengan baik. Hal ini menyebabkan jaringan tulang dan otot tumbuh secara sempurna.

Sel darah janin pada 30 minggu kehamilan mulai diproduksi oleh sumsum tulang belakang sehingga membuat sistem metabolismenya lebih mudah.Sel darah yang diproduksi tersebut akan berfungsi saat dihasilkan. Manfaatnya sebagai penghantar nutrisi serta mengangkat zat-zat sisa.

Jaringan kulit janin pada minggu ini sudah menjadi lebih baik dan tidak lagi terlihat keriput seperti halnya di minggu-minggu sebelumnya. Didukung dengan pertumbuhan jaringan otot, kini penampilan janin sudah tampak seperti bayi yang sehat.

Pada minggu ini Janin akan belajar berkespresi seperti tersenyum, murung, marah, kaget dan bahkan ekspresi sedih. Bahkan si kecil kerap kali akan mengalami cegukan dan berusaha menyentuh Anda dari dalam rahim.

Bobot tubuh pada minggu ini sekitar 3 pounds dan panjang 14,5 inchi. Perkembangan syarafnya mendekati sempurna dan mampu menerima rangsangan dengan lebih sigap dari sebelumnya. Perkembangan ini tentunya terbilang sangat pesat bagi janin.

Keluhan Minggu Ke-30

Minggu ke-30 ini Anda akan merasakan keluhan berupa sering buang air kecil, mengalami pembengkakan pada kaki dan perut kembung. Selain itu, kulit terlihat lebih kering dan gatal sehingga untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan lotion.

Gejala lain yang akan Bunda rasakan yaitu sulit tidur atau insomnia karena sulit untuk menemukan posisi yang pas. Dalam hal ini sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat sehingga keluhan tersebut tidak mengganggu kesehatan Bunda.

Keluhan lain yang Bunda rasakan pada minggu ke-30 yaitu merasa jenuh dengan menu makanan sehari-hari. Bahkan bagi Bunda yang menerapkan program diet maka akan semakin malas untuk makan. Lalu bagaimana terpenuhinya kebutuhan nutrisi si kecil?

Perhatikan Asupan Nutrisi Untuk Perkembangan Janin

Untuk menjaga asupan nutrisi bagi janin, sebaiknya mengkonsumsi makanan dengan manu yang bervariasi setiap harinya sehingga tidak menjadikan Anda bosan. Selain itu, buatlah cemilan sehat yang memungkinkan kandungan nutrisinya akan memenuhi kebutuhan gizi janin.

Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi pada minggu ke-30 yaitu yoghurt aneka rasa atau keju. Cemilan ini sangat bagus untuk tumbuh kembang janin terutama dalam melengkapi kebutuhan kalsium bagi perkembangan tulang janin.

Selain itu, untuk melengkapi kebutuhan nutrisi saat Anda malas makan bisa mengkonsumsi salad buah segar seperti buah pisang, jeruk, apel atau bahkan jus buah. Namun dalam membuat cemilan atau jus buah sebaiknya hindari penambahan gula yang terlalu banyak karena tidak baik untuk kesehatan Anda dan janin.

Pilihan lain untuk cemilan sehat di usia kehamilan 30 minggu yaitu kue keju , strawberry milkshake. Roti gulung selai kacang, olahan gandum ataupun bolu pisang. Perhatikan juga kebutuhan cairan untuk menjaga kondisi tubuh supaya terhindar dari dehidrasi atau bahkan gejala anemia.

Konsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Hindari aktivitas yang terlalu berat karena kini kehamilan Bunda sudah semakin mendekati waktu persalinan. Stres dan kecapean bisa menghambat proses persalinan dan membahayakan kesehatan bayi. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This