Mengetahui Perkembangan Janin 6 Bulan Dalam Kandungan

Momen yang paling di tunggu oleh ibu hamil yaitu momen lahirnya bayi yang ada di dalam kandungan. Apalagi ketika usia kandungan sudah menginjak usia 6 bulan, maka keadaan janin yang ada di dalam kandungan sudah mulai membesar, dan itu artinya saat-saat menimbang si kecil sudah mulai dekat. Di perkembangan janin 6 bulan dalam kandungan , atau di usia 25 minggu, biasanya berat badan janin yang berada di dalam kandungan sudah mencapai 600 gram, dan memiliki panjang sekitar 35 cm. Perkembangan yang sangat membahagiakan, bukan?

Ketika kandungan menginjak usia 26 minggu, maka keadaan otak janin 6 bulan dalam kandungan mulai bisa menunjukkan reaksi yang tepat ketika mendapatkan sentuhan. Dan jika Anda menyorotnya dengan menggunakan sinar ke bagian perut Anda, maka janin yang ada di dalam kandungan akan memalingkan kepalanya, dan itu artinya bagian serat optic yang ada di dalam otak si janin sudah mulai berjalan dengan baik. Di samping itu, janin yang ada di dalam kandungan juga terus-menerus melakukan pernafasan kecil, seakan mereka tengah berlatih untuk lahir ke dunia nantinya.  Dan di usia janin 6 bulan inilah, saatnya ia menyesuaikan atau menyiapkan dirinya untuk dilahirkan kelak.

Perkembangan tubuh juga otak di usia 6 bulan ini sangatlah berjalan dengan cepat. Bahkan ada beberapa ahli yang mengatakan dan mempercayai, bahwa janin mulai bisa bermimpi di usianya yang memasuki 27 minggu. Dan ketika usia kandungannya menginjak 29 minggu, bayi 6 bulan dalam kandungan bukan hanya masuk ke trimester ketiga, namun ia juga akan bertambah panjangnya sekitar 39 cm yang memang dihitung dimulai dari bagian kepala sampai telapak kakinya. Namun Anda perlu mengingat, bahwa perkembangan janin 6 bulan dalam kandungan sangatlah berbeda-beda pada setiap orangnya. Karena uraian ini hanyalah sebatas pemaparan secara umumnya.

Di usia 6 bulan ini, bagian tulang janin akan semakin kokoh dan kuat. Bahkan bagian lengan juga jari si kecil sudah mulai berkembang dengan baik. Selain itu, bagian otak si janin juga akan berkembang dengan cepat, bahkan semua sel otak mulai menunjukkan kematangan seiring dengan perkembangan organ seksual secara penuh. Bukan hanya itu, di usia 6 bulan ini, struktur tulang belakang janin juga mulai terbentuk dengan baik, semuanya berjumlah 33 lingkaran, 150 sendi bahkan 1000 ligamen. Janin yang ada di dalam kandungan juga mulai mengisi ruang di bagian uterus ibu. Dan ukuran uterus sekarang mulai berukuran sebesar bola sepak dan kehamilan ibu mulai terlihat.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa di usia ini pembuluh darah juga mulai berkembang, bahkan saluran nafas janin sedikit demi sedikit mulai terbuka, bagian syaraf di sekitar mulut juga bibir juga mulai menunjukkan sensitifitasnya. Bahkan janin yang ada di dalam kandungan sudah mulai bisa mendengar suara yang berasal dari luarrahim, juga bisa mengingat suara dari ibunya sendiri. Dan itulah beberapa pemaparan umum terkait perkembangan janin 6 bulan dalam kandungan.

Related Posts

Share This