Mengetahui Penyebab Utama Mata Belekan Pada Bayi

Pastinya Anda sebagai orangtua akan merasa khawatir ketika terjadinya mata belekan pada bayi, apalagi jika disertai dengan keadaan mata yang memerah. Perlu Anda ketahui, bahwa si kecil akan jauh lebih rentan mengalami permasalahan ini jika dibandingkan dengan orang dewasa, bahkan penyebabnya sangatlah beragam, dimulai dari adanya penyumbatan saluran mata ke rongga hidung, iritasi, alergi, sampai dikarenakan infeksi mata yang memang disebabkan oleh virus juga bakteri.

Bukan hanya itu, ada juga penyebab mata bayi belekan yang lainnya. Air mata di hasilkan sepanjang hari, yang mana gunanya sebagai cairan yang membasahi bola mata agar tetap dalam keadaan bersih juga terjaga kelembabannya. Nah, jika saluran mata ke tenggorokan hidung mengalami penyumbatan, maka kotoran yang berasal dari mata tidak bisa dikeluarkan dengan baik. Dan jelas itu akan mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran yang memang lebih di kenal dengan istilah belekan.

Belekan yang terjadi pada si kecil akan terus bertambah jika produksi air mata semakin banyak pula. Dimisalkan ketika si kecil sering menangis. Bukan hanya itu, mata belekan pada bayi juga bisa terjadi karena adanya alergi pada bayi. Misalkan si kecil yang alergi terhadap debu atau asap.

Jika infeksi virus menyerang daerah mata, maka biasanya belekan akan terjadi dengan disertai kondisi mata yang agak memerah. Dan kondisi seperti ini dikebnal dengan istilah ‘Pink Eye’. Dan kondisi seperti ini akan terjadi ketika si kecil mengalami infeksi saluran pernapasan, misalkan seperti flu juga pilek.

Umumnya, virus penyebab kondisi seperti ini yaitu virus berjenis norovirus. Selain adanya infeksi dari virus, keadaan mata yang merah yang disertai dengan keluarnya belek juga bisa terjadi karena adanya iritasi di bagian mata atau adanya bagian dari reaksi alergi pada bayi.

Untuk saat ini, telah diketahui bahwa ada lebih dari 200 jenis virus yang memang bisa menjadi penyebab munculnya gejala pilek, termasuk batuk, sakit tenggorokan, juga keadaan hidung meler. Pada kondisi tertentu, serangan yang dikeluarkan virus juga bisa menyebabkan keadaan mata yang merah yang memang disertai dengan belekan pada mata si kecil. Dan jika si kecil mengalami mata merah yang disertai dengan gejala-gejala pilek, maka kemungkinan besar di kecil mengalami serangan virus yang menyebabkan pilek.

Bahkan pada beberapa kasus, kondisi mata merah yang disertai dengan belekan yang terjadi pada bayi juga bisa disebabkan oleh adanya serangan dari bakteri. Dan umumnya kondisi seperti ini jauh lebih berbahaya jika di bandingkan dengan mata merah yang diakibatkan oleh infeksi virus.

Dan tanda-tanda yang umum terlihat yaitu munculnya kotoran mata yang berwarna kehijauan dari bagian putih mata, bahkan bagian kelopak mata bawah bagian dalam akan berubah warna menjadi memerah. Bukan hanya itu, kondisi yang lebih buruk juga akan terjadi, yaitu adanya pembengkakan mata yang memang akan menyebabkan si kecil menjadi lebih rewel.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517