Mengetahui Penyebab Keringat Berlebih Pasca Melahirkan

Menurut sebuah survey menemukan bahwa 7 dari 10 wanita mengalami keringat berlebih setelah melahirkan. Banyak kasus yang terjadi mulai dari keringat berlebih setelah melahirkan, setelah menyusui dan melakukan aktivitas lainnya. Biasanya keringat yang keluar lebih banyak dan bisa dikatakan tidak normal seperti biasanya. Penyebab keringat berlebih ini terkadang dipertanyakan oleh banyak wanita. Bahkan sebagian wanita merasa khawatir dengan kondisi tersebut sebab ditakutkan adanya gangguan kesehatan.

Yang menjadi pertanyaan, normalkan keringat berlebih setelah melahirkan? Kondisi keringat berlebih biasanya terjadi pada minggu-minggu awal pasca melahirkan dan banyak dialami pada malam hari. kemungkinan yang menjadi penyebab keringat berlebih pasca melahirkan yaitu stres emosional pada ibu baru. Disamping itu, keringat berlebih juga bisa diakibatkan oleh penurunan secara drastic hormone estrogen pasca melahirkan.

Perubahan hormonal dan proses metabolik menjadi salah satu penyebab keringat berlebih setelah melahirkan. Namun peningkatan keringat juga perlu diwaspadai karena dikhawatirkan adanya gangguan seperti kelenjar tiorid berfungsi terlelu aktif. Dalam hal ini yang harus Anda lakukan yaitu tetap menjaga cairan tubuh untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang bisa berdampak buruk terhadap ASI.

Kenakan pakaian yang tipis dan berbahan dasar katun untuk menekan produksi keringat dan membuat Anda tetap nyaman. Pada beberapa wanita, ada yang mengalami keringat berlebih pasca melahirkan meskipun tidak melakukan aktivitas apapun. Keringat berlebih ini tentunya akan mengganggu kenyamanan sehingga perlu dilakukan penanganan.

Tindakan yang perlu dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi air mineral untuk menjaga cairan tubuh supaya terhindar dari dehidrasi. Perbanyak minum air putih minimal 2 liter sehingga dengan begitu Anda akan terhindar dari dehidrasi. Biasakan untuk minum pada pagi hari setelah bangun tidur sebab terkadang keringat berlebih terjadi pada malam hari.

Pada waktu tidur, sebaiknya gunakan pakaian tipis dengan bahan yang bisa menyerap keringat sehingga akan memberikan kenyamanan bagi Anda meskipun berkeringat. Anda bisa menyesuaikan dan menciptakan suasana senyaman mungkin pada waktu tidur. Supaya suhu ruangan tetap stabil, Anda bisa menyalakan AC ataupun kipas angin.

Berkeringat setelah melahirkan merupakan hal yang normal terjadi pada setiap wanita. Biasanya kondisi berkeringat tersebut lebih lama terjadi pada ibu menyusui. Namun secara perlahan akan kembali normal setelah melewati 6 minggu setelah melahirkan. Penting untuk diperhatikan jika berkeringat disertai demam maka bisa menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan.

Untuk memastikan kondisi kesehatan dan normal tidaknya Anda berkeringat, lakukan konsultasi dengan dokter dan mintalah saran dokter mengenai tindakan yang sebaiknya dilakukan. Supaya tubuh Anda tidak kehilangan banyak cairan dan nutrisi, tetap perhatikan asupan makanan yag bergizi seimbang. Sebab nutrisi dibutuhkan pasca melahirkan untuk proses pemulihan tubuh dan menunjang produksi ASI.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517