Mengetahui Penyebab dan Gejala Osteoporosis Pada Wanita

Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan kepadatan atau kualitas tulang yang menurun sehingga mengakibatkan tulang menjadi rapuh (keropos) dan beresiko terjadinya patah tulang. Masyarakat biasanya mengira penyakit ini hanya menyerang orang lanjut usia saja. Akan tetapi pada kenyataannya osteoporosis bisa menyerang pria atau wanita di usia berapapun akibat dari kurang asupan nutrisi untuk tulang.

Mengetahui Penyebab dan Gejala Osteoporosis Pada Wanita

Osteoporosis sangat rentan terjadi pada wanita karena adanya perubahan hormon pada waktu menstruasi, kehamilan dan menopause. Hormon estrogen yang menurun pada waktu menopause mengakibatkan daya ikat tulang berkurang sehingga memicu osteoporosis. Selain itu, seiring bertambahnya usia maka kadar hormon estrogen akan menurun sehingga kalsium akan mudah lepas dan menyebabkan pengeroposan pada tulang.

Faktor Penyebab Osteoporosis Pada Wanita

Faktor usia

Salah satu faktor yang menyebabkan osteoporosis yaitu semakin bertambahnya usia seorang wanita. Semakin bertambahnya usia seseorang maka kepadatan dan masa tulang akan semakin menurun sehingga beresiko terkena osteoporosis. Wanita yang sudah memasuki usia 50 tahun biasanya sangat rentan terkena osteoporosis. Akan tetapi dibawah usia 50 juga tidak menutup kemungkinan seorang wanita terkena osteoporosis akibat dari adanya perubahan hormon yang menurunkan tingkat kepadatan tulang.

Struktur tulang

Faktor penyebab osteoporosis yang selanjutnya yaitu struktur tulang. Wanita memiliki struktur dan tingkat kepadatan tulang yang berbeda dari laki-laki. Selain itu, wanita yang memiliki tubuh kecil sangat beresiko terkena penyakit osteoporosis.

Faktor menopause

Pada waktu menopause terjadi penurunan kadar hormon estrogen sehingga hal ini akan mengakibatkan kepadatan dan daya ikat tulang menurun sehingga memicu osteoporosis.

Gaya hidup

Gaya hidup yang kurang baik seperti kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, minuman bersoda, merokok, jarang berolahraga dan kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi akan menurunkan tingkat kepadatan tulang sehingga mengakibatkan penyakit osteoporosis.

Jenis-Jenis Osteoporosis Pada Wanita

Penyakit osteoporosis sekunder. Penyakit osteoporosis jenis ini diakibatkan oleh adanya penyakit pada ginjal atau kelainan hormonal. Selain itu, penyakit osteoporosis sekunder sangat renta menyerang wanita yang memiliki gaya hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan.

Penyakit osteoporosis postmenopausal. Osteoporosis jenis ini diakibatkan oleh hormon estrogen yang menghambat penyerapan kalsium kedalam tulang. Terhambatnya penyerapan kalsium disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Wanita yang berusia 50 tahun keatas lebih rentan terkena osteoporosis jenis ini karena pada usia tersebut sudah terjadi menopause sehingga hormon estrogen sudah menurun.

Penyakit osteoporosis senilis. Penyebab dari osteoporosis ini adalah kurangnya asupan kalsium sehingga pembentukan kepadatan tulang tidak seimbang. Biasanya penyakit ini terjadi pada wanita yang sudah lanjut usia akibat pola makan yang tidak teratur.

Gejala Osteoporosis Pada Wanita

Terasa nyeri pada tulang. Osteoporosis sangat rentan terjadi pada wanita di usia muda ataupun di usia tua. Gejala osteoporosis yang dirasakan yaitu rasa sakit pada bagian punggung dalam waktu yang lama dan sering. Rasa sakit tersebut terjadi secara tiba-tiba dan akan semakin terasa sakit ketika bergerak.

Mengalami kelainan pada bentuk tulang. Berkurangnya kepadatan tulang sering terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa menopause. Gejala yang dirasakan yaitu terasa sakit pada tulang dan terjadi kelainan pada bentuk tulang akibat dari kepadatan tulang yang terus berkurang.

Mengalami patah tulang. Gejala paling parah dari osteoporosis yaitu terjadinya patah tulang pada bagian lengan dan panggul. Hal ini karena tingkat kepadatan tulang yang sudah sangat berkurang sehingga tulang menjadi keropos.

Susah bergerak. Gejala lain dari osteoporosis yaitu mengalami kesulitan dalam bergerak. Penderita osteoporosis biasanya sulit untuk berdiri tegak ataupun membungkuk.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517