Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Penyakit Kulit Psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang mungkin masih terdengar asing dan jarang terjadi. Istilah lain penyakit ini lebih tepatnya sering disebut dengan penyakit bersisik. Jenis penyakit yang satu ini termasuk salah satu peradangan yang terjadi pada kulit. Setiap orang bisa mengalami penyakit ini sebagai siklus pergantian kulit. Dalam hal ini penting bagi kita untuk mengetahui dan mengkaji penyebab serta cara mengatasi penyakit kulit psoriasis.

Pada kondisi yang abnormal, penyakit kulit ini bisa berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan ada kasus penderita psoriasis sampai menahun. Kondisi seperti ini lebih tepatnya disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada sistem kekebalan tubuh sehingga sel-sel kulit mati akan diproduksi dalam jumlah yang sangat berlebihan.

Secara umum psoriasis bukan suatu penyakit menular akan tetapi tergolong kedalam jenis penyakit yang sangat mudah kambuh. Pencegahan dan penanganan merupakan solusi yang tepat untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit. Penyakit ini tidak mengancam jiwa, hanya saja menurunkan kualitas hidup penderitannya.

Penyebab Penyakit Psoriasis

Faktor pemicu timbulnya psoriasis salah satunya yaitu adanya trauma dari luar seperti gesekan dan kondisi cuaca ekstrim. Adapun faktor internalnya yaitu karena kelelahan, hormonal, hamil, haid dan kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan. Adapun faktor penyebab lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Faktor Genetik

Jika salah satu anggota keluarga memiliki riwayat terkena psoriasis maka kemungkinan hal ini akan diwariskan pada generasi selanjutnya. Bahkan keturunan dari penderita ini beresiko lebih besar menderita penyakit bersisik tersebut.

  1. Infeksi Lokal

Infeksi kronis dan menahun memiliki pengaruh yang signifikan dalam memicu timbulnya penyakit psoriasis. Maka dari itu, jika terjadi infeksi pada kulit sebaiknya segera dilakukan penanganan dengan benar.

  1. Faktor Cuaca

Penderita psoriasis cenderung kondisinya akan memburuk pada saat musim dingin. Sebaliknya kondisi tersebut akan perlahan membaik ketika terjadi musim panas.

  1. Faktor Psikis

Rasa cemas, stres, depresi dan gelisah merupakan faktor psikis yang memicu timbulnya kulit bersisik atau psoriasis. Dalam hal ini Anda situntut untuk bisa mengandalikan emosi sehingga secara perlahan penyakit ini bisa disembuhkan dengan mudah.

Selintas Cara Menangani Psoriasis

Hingga saat ini belum ditemukan obat pasti untuk mengatasi penyakit psoriasis. Akan tetapi kondisi tersebut masih bisa diatasi. Penanganan tersebut bertujuan untuk mengembalikan struktur kulit seperti halnya kulit normal pada umumnya.

Pengobatan yang tepat dan teratur akan berdampak positif dalam menghilangkan gejala dari penyakit tersebut. Kulit gatal dan bersisik akan perlahan hilang. Penanganan psoriasis pada anak-anak biasanya dilakukan dengan memberikan obat pereda rasa gatal. Disamping itu, menangani psoriasis bisa dilakukan dengan terapi untuk membuat kondisi psikis menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517