Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Tidur Ketika Hamil

Tidur yang cukup dan berkualitas akan berpengaruh pada perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil. Selain itu, istirahat yang cukup akan memberikan energi tambahan bagi ibu hamil dan terhindar dari persalinan yang tidak normal. Akan tetapi banyak ibu hamil yang mengalami gangguan tidur akibat dari perubahan fisik yang membuat ibu hamil tidak nyaman. Gangguan tidur biasanya sering terjadi ketika usia kehamilan sudah memasuki tahap akhir. Kondisi kehamilan pada tahap akhir menyebabkan ibu tidak nyaman dan kesulitan untuk tidur pada siang hari ataupun malam hari.

Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Gangguan Tidur Ketika Hamil

Ada Beberapa Hal Yang Menyebabkan Ibu Hamil Merasa Tidak Nyaman Ketika Tidur

Posisi tidur

Perubahan fisik dan kehamilan yang semakin membesar menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk menemukan posisi yang nyaman ketika tidur. Untuk mengatasi hal tersebut ketika kehamilan sudah semakin besar maka Anda bisa tidur dengan posisi miring ke sebelah kiri ataupun kanan. Selain untuk membuat nyaman, posisi tidur miring juga akan membuat peredaran darah ke plasenta menjadi lancar.

Sistem pencernaan yang bermasalah

Faktor lain yang menyebabkan ibu hamil susah tidur adalah adanya gangguan dalam sistem pencernaan. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan janin di dalam perut yang semakin membesar, biasanya ibu hamil akan mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Pencernaan yang bermasalah menyebabkan ibu hamil merasa tidak nyaman pada waktu istirahat malam hari. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung serat agar pencernaan lancar. Selain itu, posisi tidur tegak diatas kursi bisa membuat Anda merasa nyaman ketika istirahat pada siang atau malam hari.

Kram kaki pada malam hari

Kram kaki biasa dialami oleh ibu hamil yang disebabkan oleh berat badan yang bertambah dan aliran darah pada kaki semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Selain itu, kram kaki pada ibu hamil terjadi akibat terlalu kelelahan. Untuk mengatasi kram kaki bisa dengan melakukan pijat dan merendam kaki pada air hangat.

Pikiran stres

Salah satu penyebab gangguan tidur pada ibu hamil adalah stres akibat banyak pikiran. Stres bisa menyebabkan ibu hamil sering mengalami mimpi buruk ketika tidur sehingga hal tersebut akan memicu sering terbangun pada malam hari. Selain bisa menyebabkan gangguan tidur, stress juga akan mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Maka dari itu, selama  kehamilan sebaiknya Anda menciptakan suasana pikiran yang rileks dan istirahat yang cukup pada siang hari.

Sering buang air kecil pada malam hari

Intensitas buang air kecil pada ibu hamil biasanya akan lebih sering karena pertumbuhan janin akan menekan kandung kemih. Untuk mengatasi sering buang air besar pada malam hari sebaiknya Anda buang air kecil terlebih dahulu sebelum tidur dan hindari banyak minum pada malam hari.

Gangguan tidur selama masa kehamilan merupakan permasalahan yang umum pada ibu hamil. Oleh karena itu sebaiknya Anda bersabar dalam menghadapi hal tersebut dan beristirahatlah selagi ada kesempatan.

Related Posts

Share This