Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Wasir atau ambeien merupakan gangguan kesehatan akibat pelebaran pembuluh darah balik pada bagian anus. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi pada siapa saja, tak terkecuali ibu hamil. Ambeien saat hamil tentunya akan mengganggu kenyamanan ibu hamil dan beresiko menyebabkan masalah pada janin.

Meskipun ambeien bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun ambeien pada ibu hamil sebaiknya segera ditangani karena mengganggu kenyamanan ibu hamil terutama ketika sedang duduk.  Lalu apa saja faktor penyebab ambeien pada ibu hamil?

Penyebab Ambeien Pada Ibu Hamil

  1. Perubahan hormone

Salah satu penyebab ambeien yaitu akibat dari perubahan hormone kehamilan yaitu progesterone. Hormon ini berfungsi dalam memperkuat rahim sehingga secara tidak langsung akan menghambat gerak peristaltic dari saluran pencernaan.

  1. Sembelit

Sembelit bisa menjadi pemicu ambeien pada ibu hamil. Pembuluh darah di sekitar anus akan terganggu akibat feses yang mengeras. Nah, maka dari itu ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi makanan berserat dalam upaya untuk mencegah sembelit.

  1. Janin terlalu besar

Ibu hamil yang mengandung janin terlalu montok sangat beresiko menderita ambeien. Hal ini karena Janin di dalam rahim akan memberikan tekanan pada bagian perut dan pinggul sehingga menghambat sirkulasi darah.

Cara Mengatasi Ambeien Pada Ibu Hamil

  1. Berendam menggunakan air hangat

Salah satu cara meredakan gejala ambeien yaitu dengan berendam menggunakan air hangat. Cara ini sangat efektif untuk memperlancar aliran darah yang terhambat. Lakukan treatmen tersebut selama 10 – 15 menit dengan suhu air yang tidak terlalu panas. Sebab jika terlalu panas bisa membahayakan janin di dalam kandungan.

  1. Menggunakan es batu

Es batu bisa membantu meredakan sakit akibat ambeien. Caranya yaitu letakan potongan es batu di dalam plastic kemudian bungkus menggunakan handuk kecil dan duduklah diatasnya selama kurang lebih 10 menit.

  1. Menjaga kebersihan anus

Penting sekali untuk menjaga kebersihan anus selama hamil dalam upaya mencegah infeksi yang bisa memperparah ambeien. Biasakan untuk mengusap sampai kering bagian anus setelah buang air.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Konsumsilah makanan berserat seperti sayur dan buah. Hal ini untuk memperlancar saluran pencernaan sehingga bisa mencegah terjadinya ambeien. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas dan asam secara berlebihan karena bisa memperperah kondisi tersebut.

  1. Perbanyak air putih

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya untuk memperlancar sirkulasi darah dan mencegah gangguan pencernaan. Air putih berkhasiat dalam membantu mengatasi ambeien karena secara tidak langsung aliran darah akan kembali normal jika asupan cairan mencukupi.

  1. Lakukan olahraga ringan

Ibu hamil sebaiknya bergeraka aktif dengan melakukan olahraga khusus seperti yoga atau jalan santai. Hal ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi darah sehingga terhindar dari ambeien. Selain itu, olahraga juga berguna untuk menjaga kebugaran selama hamil.

Sekian penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi ambeien. Mari terapkan hidup sehat selama hamil untuk mencegah berbagai gangguan yang membahayakan kehamilan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517