Mengetahui Penyebab dan Cara Mencegah Kehamilan Kembar Siam

Bagi sebagian orang, memiliki bayi kembar adalah salah satu hal yang sangat membahagiakan. Untuk mendapatkan kehamilan kembar, tentunya banyak hal yang harus Anda ketahui. Salah satu faktor yang menunjang kehamilan kembar adalah faktor genetik atau keturunan. Jika salah satu pasangan, baik itu suami atau isteri memiliki riwayat/keturunan kehamilan kembar maka kemungkinan akan medapatkan bayi kembar.

Kehamilan kembar memerlukan penanganan dan perwatan yang berbeda dengan kehamilan tunggal. Perawatan untuk kehamilan kembar tentunya akan meningkat dua kali lipat. Selain itu, kehamilan kembar juga sangat beresiko menimbulkan permasalahan seperti kembar dempet atau kembar siam. Salah satu faktor penyebab kehamilan kembar siam yaitu karena adanya kegagalan zigot yang mengakibatkan pembelahan tidak sempurna.

 

Faktor Penyebab Kehamilan Kembar Siam

Pada kebanyakan kasus kembar siam terjadi dempet pada bagian dada, kepala dan perut. Faktor penyebab terjadinya kembar siam yaitu karena sel telur yang telah dibuahio oleh sperma mengalami pembelahan menjadi kembar monozigot, namun terhenti sehingga proses pembelahan tersebut berlangsung tidak sempurna.

 

Pada dasarnya kembar siam memiliki satu organ tubuh yang dipakai untuk berdua. Faktor penyebab kembar siam sampai saat ini belum diketahui secara pasti oleh para medis. Penyebab bayi kembar siam bisa diakibatkan oleh faktor genetik, kekurangan asupan makanan yang bergizi, pola makan ibu hamil yang tidak teratur dan penggunaan alat penyubur sebelum kehamilan.

 

Penyebab lain dari kehamilan kembar yaitu berhubungan dengan penyakit atau infeksi pada ibu hamil. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang mendambakan kehamilan bayi kembar, ada baiknya melakukan persiapan dan pencegahan dalam upaya menghindari kehamilan kembar siam.

 

Cara Mencegah Kehamilan Kembar Siam

Bagi Anda yang sedang merencanakan atau mendambakan untuk memiliki anak kembar, ada baiknya melakukan persiapan secara fisik dan mental. Perhatikan kondisi kesehatan tubuh dan membiasakan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk menunjang kehamilan yang sehat. Untuk lebih jelasnya berikut cara mencegah kehamilan kembar siam yang bisa Anda lakukan:

 

  1. Mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi selama hamil

Salah satu cara untuk mencegah kehamilan kembar siam yaitu dengan cara memperhatikan asupan makanan yang bergizi selama hamil. Pada dasarnya dalam mempersiapkan kehamilan juga sangat disaranakan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi sebagai upaya dalam mempersiapkan kondisi rahim yang sehat dan siap untuk pertumbuhan janin.

 

Pada trimester awal kehamilan sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dalam menunjang pembentukan organ dan perkembangan awal janin. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya menghindari hal-hal yang bisa membahayakan kehamilan seperti mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.

 

  1. Menjaga kesehatan selama hamil

Kondisi kesehatan ibu hamil akan berpengaruh terhadap perkembangan dan kondisi janin di dalam kandungan. Untuk mengurangi resiko terjadinya bayi kembar siam, ibu hamil harus senantiasa menjaga kesehatan dan menghindari konsumsi obat-obatan. Kandungan bahan kimia dari obat sangat beresiko mempengaruhi pembelahan sel sehingga terjadi kembar siam.

 

  1. Mengenali tanda awal kehamilan

Terkadang banyak wanita yang tidak mengetahui dan menyadari tanda-tanda awal kehamilan sehingga dengan leluasa mereka tetap mengkonsumsi obat-obata dan makanan yang sebernya bisa membahayakan kehamilan. Nah, maka dari itu mengenali tanda awal kehamilan sangat penting sehingga nantinya tidak akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Related Posts

Share This