Mengetahui Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Bengkoang adalah salah satu jenis buah yang mengandunga banyak air sehingga tidak heran jika rasanya sedikit lebih tawar. Bengkoang termasuk ke dalam kelompok buah dalam umbi-umbian. Keunikan dari bengkoang yaitu meskipun merupakan buah atau umbi di dalam tanah akan tetapi rasanya lebih segar jika dibandingkan dengan jenis umbi-umbian yang lain. Lalu apa manfaat bengkoang untuk kesehatan?

Perlu Anda ketahui bahwa bengkoang mengandung zat besi, vitamin C, lemak, kalsium, vitamin B dan juga karbohidrat. Manfaatnya untuk kesehatan sudah tentu tidak perlu diragukan lagi mengingat kandungan nutrisinya sangat berlimpah. Selain dikonsumsi, pada saat ini bengkoang banyak digunakan sebagai ramuan dalam membuat produk kecantikan.

Berikut Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaat Bengkoang Untuk Kesehatan

Vitamin C

Kandungan vitamin C pada bengkoang terbilang cukup tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh. Vitamin C juga berperan penting dalam mencegah sariawan dan pembengkakan pada gusi. Selain itu, kandungan vitamin C pada bengkoang juga berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mencegah penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Senyawa Alkali

Bengkoang mengandung senyawa alkali yang berguna untuk mengatasi dan mencegah penyakit maag. Bagi Anda yang menderita maag, konsumsilah buah yang satu ini secara rutin. Senyawa alkali pada bengkoang berperan penting dalam menstabilkan kadar asam lambung sehingga bisa kembali normal.

Posfor

Kandungan posfor dan kalsium pada bengkoang berguna untuk menjaga pertumbuhan tulang dan gigi. Adanya kandungan posfor akan mengimbangi kalsium yang masuk kedalam tubuh sehingga hal ini akan menjadikan pertumbuhan tulang dan gigi semakin baik.

Mengandung Insulin

Ternyata bengkoang juga mengandung insulin yang menjadikan buah tersebut memiliki rasa manis. Namun kandungan insulin tersebut justru berguna untuk penderita diabetes. Dengan mengkonsumsi buah ini maka kadar gula darah tidak akan mengalami kenaikan sehingga akan tetap stabil dan aman. Rasa manis dari insulin tidak bisa dicerna oleh tubuh maka aman bagi penderita diabetes.

Mengatasi Wasir

Kandungan serat pada bengkoang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bagi Anda yang menderita wasir, konsumsilah bengkoang secara teratur sehingga akan memmbantu mengatasi gangguan kesehatan tersebut. BAB lancar maka akan memberikan dampak positif bagi proses penyembuhan wasir.

Fitoestrogen Alami

Perlu Anda ketahui bahwa fitoestrogen sangat dibutuhkan oleh wanita dalam menunjang kualitas hidup di masa tua. Nah memasuki usia tua, tubuh wanita tidak akan lagi memproduksi estrogen dalam jumlah yang cukup sehingga dalam hal ini perlu penunjang. Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi bengkoang karena buah umbi yang satu ini mengandung kadar fitoestrogen alami dalam jumlah yang cukup seimbang.

Demikian beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengkonsumsi bengkoang. Bengkoang bisa dikonsumsi langsung maupun diolah menjadi salad buah dengan kombinasi berbagai jenis buah yang lainnya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517