Mengetahui Keluhan Pasca Melahirkan Yang Umum Dialami Oleh Wanita

Menjalani masa kehamilan selama 9 bulan bukan perkara mudah bagi seorang wanita. Banyak tahapan yang harus dilalui dalam upaya untuk menjaga kehamilan yang sehat. Selain itu, pada masa kehamilan seringkali dihadapkan dengan berbagai keluhan sehingga ibu hamil harus ekstra sabar untuk menjalaninya. Bahkan pasca melahirkan, ada beberapa keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil. Apa saja keluhan tersebut?

Keluhan pasca melahirkan sangat beragam dan tergantung pada kondisi kesehatan tubuh. Keluhan tersebut bisa bersifat ringan dan tidak berbahaya. Namun adakalnya sebagian wanita mengalami keluhan yang dianggap membahayakan kesehatan jika tidak segera ditangani dengan benar. Bahkan keluhan tersebut beresiko menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang.

Keluhan setelah melahirkan normal memang bukan perkara yang asing. Kondisi tersebut sudah lumrah terjadi pada setiap wanita. Dalam hal ini tergantung bagaimana menyikapi dan mencari solusi yang tepat untuk mengatasinya. Nah, berikut ini penulis merangkum beberapa keluhan yang mungkin terjadi pada wanita pasca melahirkan.

Sakit Punggung

Nah, salah satu jenis keluhan pasca melahirkan yaitu merasakan sakit punggung. Bahkan keluhan ini bisa dirasakan hingga berbulan-bulan. Solusi untuk mengatasi keluhan tersebut bisa dengan melakukan olahraga secara rutin.

Batu Empedu

Pada waktu menjalani kehamilan, hormone progesterone akan disekresikan dalam jumlah banyak. Nah, hormone ini kemungkinan bisa menghambat cairan empedu. Lama kelamaan bisa menyebabkan batu empedu. Keluhan batu empedu mungkin bisa dialami oleh sebagian wanita dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Resiko Penyakit Osteoporosis

Jika asupan kalsium tidak diperhatikan selama hamil maka kemungkinan pasca melahirkan terkena penyakit osteoporosis. Resiko osteoporosis bisa terjadi pada setiap wanita. Terlebih lagi jika menjalani masa kehamilan pada usia 30-an.

Perhatikan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D selama hamil untuk menghindari resiko osteoporosis setelah melahirkan. Pada dasarnya, pemenuhan nutrisi pada waktu hamil akan memberikan dampak positif dan negatif pasca Anda melahirkan.

Resiko Terkena Depresi

Depresi kemungkinan bisa terjadi pada setiap wanita pasca melahirkan. Banyak hal yang memicu terjadinya depresi pasca melahirkan. Biasanya faktor pemicu depresi pasca melahirkan yaitu ketakutan yang berlebihan sebelum melahirkan. Kondisi tersebut lebih rentan menyerang wanita yang baru pertama kali menjalani kehamilan dan belum memiliki pengalaman apapun.

Penyakit Hernia

Hernia bisa juga terjadi pada wanita setelah melahirkan. Penyakit yang lebih dikenal dengan turun bero ini lebih rentan terjadi pada wanita yang menjalani persalinan secara caesar.

Mastitis

Keluhan yang selajutnya yaitu infeksi pada payudara atau lebih dikenal dengan mastitis. Infeksi payudara ini akan menyebabkan demam dan rasa sakit pada payudara. Proses menyususi akan terganggu sehingga rentan kekurangan nutrisi pada bayi.

Ketika Anda mengalami gejala mastitis sebaiknya hentikan proses menyusui secara langsung. Berikan ASI perah untuk bayi. Segera konsultasikankeluhan tersebut ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik sehingga tidak akan menggangu proses menyusui.

Nah, demikian beberapa keluhan yang mungkin terjadi pada wanita pasca melahirkan. Untuk mengatasi keluhan tersebut, perhatikan asupan makanan yang bergizi selama hamil sehingga pasca melahirkan tidak akan mengalami keluhan yang terlalu parah.

Segera berkonsultasi jika Anda merasakan gejala yang tidak lazim pasca melahirkan. Penanganan yang tepat tentunya akan mengatasi keluhan dengan cepat tanpa membahayakan kesehatan Anda dan bayi. Jangan menyepelekan keluhan yang Anda rasakan karena akan berakibat fatal jika kondisinya semakin memburuk. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517