Mengetahui Keluhan Ibu Hamil Trimester Pertama dan Cara Mengatasinya

Pada tahap awal kehamilan atau trimester pertama, ibu hamil akan mengalami perubahan secara fisik dan mental. Kondisi tersebut tentunya tidak terlepas dari pengaruh hormon kehamilan. Disamping itu, keluhan ibu hamil yang paling umum terjadi akibat dari perubahan hormone yaitu gejala morning sickness.

Gejala morning sickness yang merupakan keluhan saat hamil diantaranya yaitu sakit punggung, mual, muntah, cepat lelah dan perubahan mood yang tidak menentu. Pada dasarnya keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil di trimester pertama tidak membahayakan dan merupakan hal yang wajar.

Beberapa Keluhan Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

  1. Nyeri punggung

Keluhan pada ibu hamil trimester pertama salah satunya yaitu nyeri pada bagian punggung. Kondisi tersebut terjadi akibat adanya perubahan opada ibu hamil. Nyeri pada bagian punggung biasanya disertai pegal pada bagian leher dan bengkak di kaki. Untuk mengatasi keluhan tersebut sebaiknya jangan memijat, akan tetapi alangkah lebih baiknya Anda beristirahat dan berendam dengan air hangat.

  1. Mual dan muntah

Mual dan muntah adalah keluhan yang paling umum terjadi pada ibu hamil, sebagian orang menyebutnya dengan istilah ngidam. Namun dalam istilah medis disebut dengan gejala morning sickness. Untuk mengatasinya yaitu dengan menghindari makanan berlemak, perhatikan asupan cairan dan istirahat secara teratur. Namun jika frekuensi muntah terlalu sering sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter dan perhatikan asupan cairan untuk mencegah dehidrasi.

  1. Intensitas buang air kecil meningkat

Pada tahap awal kehamilan, keluhan yang mengganggu kenyamanan ibu hamil yaitu frekuensi buang air kecil meningkat. Kondisi tersebut diakibatkan oleh adanya peningkatan hormone HCG yang menyebabkan aliran darah di sekitar panggul ikut meningkat. Hal ini tidak berbahaya bagi ibu hamil, akan tetapi justru baik untuk kesehatan ginjal. Yang harus Anda perhatikan adalah asupan cairan untuk mencegah dehidrasi.

  1. Gangguan pencernaan

Keluhan diawal kehamilan yang berhubungan dengan pencernaan yaitu perut kembung, sembelit ataupun sendawa. Kondisi seperti ini bersifat wajar dan normal akibat dari adanya progesteron yang merelaksasi otot polos. Untuk mengatasi masalah pencernaan diawal kehamilan, konsumsilah makanan yang mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.

  1. Mudah lelah dan mood yang tidak menentu

Perubahan hormone diawal kehamilan biasanya mengakibatkan ibu hamil lebih sensitif dan mengalami perubahan mood yang tidak menentu. Selain itu, seiring dengan perkembangan janin di dalam kandungan, ibu hamil akan mudah lelah. Untuk mengatasi hal tersebut, disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan perbanyak mengkonsumsi air putih.

Keluhan-keluhan diawal kehamilan pada dasarnya tidak akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin , dengan catatan keluhan tersebut masih bersifat wajar atau normal. Perhatikan asupan makanan bergizi, konsumsi air putih dan hindari aktivitas yang bisa menyebabkan kelelahan.

Related Posts

Share This