Mengetahui Jenis Makanan Penguat Janin

Kehamilan adalah kodrat wanita yang sudah pasti semuanya akan mengalami hal tersebut, meskipun terkadang ada sebagian wanita yang tidak bisa hamil akibat adanya gangguan kesehatan. Memasuki kehamilan tahap awal biasanya kondisi kandungan masih sangat lemah sehingga rentan terjadi keguguran.

Dalam upaya menjaga kesehatan janin pada awal kehamilan supaya terhindar dari keguguran atau bayi premature maka sebaiknya Anda memperhatikan asupan nutrisi yang berguna untum memperkuat rahim. Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi menjadi salah satu kunci yang bermanfaat dalam upaya menjaga kesehatan janin.

Pada dasarnya banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi guna memperkuat kehamilan atau janin. Jenis makanan penguat janin sebenarnya sangat familiar dan mudah untuk diperoleh. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut simak ulasannya.

Kecambah

Jenis makanan penguat janin yang pertam yaitu kecambah. Makanan yang satu ini memang terlihat sangat sederhana namun menyimpan beragam nutrisi didalamnya. Konsumsi kecambah secara teratur pada awal kehamilan dengan cara direbus.

Kacang Hijau

Kandungan zat besi pada kacang hijau sangat berguna dalam memperkuat kandungan atau janin. Zat besi pada kacang hijau bisa membantu meningkatkan kadar Hb dalam darah sehingga pasokan oksigen pada janin tetap seimbang.

Ikan Salmon

Makanan yang kaya dengan asam lemak omega-3 ini memang sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena bermanfaat dalam menjaga janin dan menujang tumbuh kembangnya. Bahkan sangat bagus dalam mendukung perkembangan otak janin.

Brokoli

Dari kelompok sayuran Anda dianjurkan untuk konsumsi brokoli. Kandungan folat, vitamin dan kalsium pada brokoli berperan penting dalam mejaga kesehatan janin dan menunjang kecerdasannya. Bahkan kandungan zat besi pada brokoli sangat berguna untuk mencegah anemia pada aibu hamil.

Buah Alpukat

Kandungan vitamin dan lemak tak jenuh pada alpukat berguna untuk mendukung perkembangan otak janin. Disamping itu, makanan kaya nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga janin. Dengan konsumsi secara teratur maka akan menguatkan janin dan menghindari terjadinya keguguran.

Kurma

Kurma menjadi alternative untuk menguatkan janin didalam kandungan. Kandungan nutrisi pada kurma tidak perlu diragukan lagi seperti vitamin, mineral, zat besi dan nutrisi penting lainnya. Konsumsilah beberapa butir kurma setiap harinya. Namun pastikan jenis kurma yang rendah gula.

Buah-buahan

Selanjutnya yaitu dianjurkan konsumsi buah-buahan untuk mejaga janin dan menghindari gangguan pada kandungan. Buah-buahan seperti apel, jeruk ataupun stroberi sangat dianjurkan bagi ibu hamil karena mengandung nutrisi yang sangat tinggi.

Manfaat buah-buahan untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi karena nutrisinya sangat mendekati sempurna. Terlebih lagi kandungan antioksidan pada buah yang sangat bermanfaat guna menjaga kesehatan ibu hamil dan janin.

Sereal

Makanan penguat janin selanjutnya yaitu sereal gandum. Makanan jenis ini sangat bagus untuk ibu hamil karena mengandung serat dan vitamin B.

Ubi Jalar

Untuk penguat janin yang selanjutnya yaitu dengan konsumsi ubi jalar. Kandungan vitamin A atau betakaroten dan folat serta serat sangat berguna bagi ibu hamil dan janin. Konsumsilah secara teratur untuk memperoleh manfaatnya.

Demikian beberapa jenis makanan yang berguna untuk menguatkan janin didalam kandungan. Menjaga asupan nutrisi memang sangat berguna untuk kesehatan ibu hamil dan tentunya janin didalam kandungan.

Hindari jenis makanan yang justru bisa membahayakan janin seperti makanan berlemak tinggi, soda, minuman berlakohol, makanan terlalu pedas, makanan mentah dan makanan yang tidak higienis. Untuk senantiasa menjaga perkembangan janin, lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke dokter.

Related Posts

Share This