Mengetahui Gejala dan Cara Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kanker yang terjadi pada bagian lapisan saluran susu pada wanita. Kanker payudara merupakan tumor yang sangat ganas dan bisa menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Jenis kanker ini sangat ditakuti oleh wanita karena kanker payudara merupakan penyebab kematian kedua setelah kanker rahim. Kanker payudara disebabkan oleh sel ganas yang tumbuh pada jaringan selaput payudara.

Kanker payudara bisa dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kanker payudara yang bersifat invasif dan kanker yang bersifat non-invasif. Kanker payudara yang bersifat invasif yaitu infiltrating duktal karsinoma atau IDC, jenis kanker ini kan menyebar ke seluruh sistem getah bening. Sifat dari kanker invasif adalah dapat menyebar pada bagian luar payudara. Kanker payudara duktal invasif akan menyebar dan berkembang pada sel yang melapisi saluran payudara.

Mengetahui Gejala dan Cara Mencegah Kanker Payudara

Kelompok yang kedua yaitu jenis kanker yang bersifat non-invasif. Jenis kanker ini hanya menyebar pada bagian saluran payudara dan belum sampai menyebar ke luar payudara. Jenis kanker yang bersifat non-invasif yaitu karsinoma duktal in situ atau DCIS dan labular karsinoma in situ (LCIS). Kanker jenis LCIS dapat berkembang menjadi kanker yang bersifat invasif.

Adapun jenis lain dari kanker payudara yang bersifat invasif yaitu lobular invasif yang terjadi pada sel yang menghasilkan produksi susu yaitu lobules. Kanker payudara bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui kelenjar getah bening dan aliran darah.

Gejala dari kanker payudara

Kanker payudara memiliki ciri-ciri dari gejala awal yaitu adanya benjolan pada sekitar payudara dan ketika disentuh akan terasa sakit. Gejala lain dari kanker payudara yaitu adanya rasa sakit pada area ketiak sekitar payudara dan rasa sakit tersebut dirasakan ketika tidak sedang dalam masa menstruasi. Adanya perubahan warna merah pada kulit payudara dan terjadi ruam pada puting payudara. Selain itu, bentuk payudara akan mengalami perubahan dan terjadinya pengelupasan pada puting payudara sehingga terlihat seperti bersisik.

Apabila Anda mendapati perubahan yang tidak biasanya pada payudara yang disertai adanya benjolan, sebaiknya segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Deteksi dini dan penanganan yang tepat sebelum kanker menyebar ke seluruh bagian tubuh akan meminimalisir kejadian yang fatal akibat kanker tersebut.

Mencegah kanker payudara

Mengkonsumsi buah dan sayur. Mencegah terjadinya kanker payudara bisa Anda lakukan dengan menerapkan kebiasaan makan yang sehat yaitu dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Jenis sayuran yang sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker yaitu kubis, kembang kol, tomat, brokoli, wortel, sawi dan bayam. Selain sayuran, buah juga bisa mencegah terjadinya pertumbuhan kanker seperti buah beri, sirsak dan jeruk.

Menjaga berat badan. Salah satu upaya untuk menghindari kanker payudara yaitu dengan menjaga berat badan yang ideal. Berat badan yang meningkat dan melebihi berat badan ideal akan meningkatkan resiko terkean penyakit kanker payudara.

Olahraga secara teratur. Tubuh yang sehat tentunya akan menghindarkan Anda dari berbagai serangan penyakit terutama kanker. Maka dari itu supaya badan tetap sehat dan terhindar dari serangan kanker, lakukanlah olahraga secara rutin setiap harinya.

Menghindari kebiasaan merokok dan alkohol. Kebiasaan buruk merokok dan mengkonsumsi alkohol akan meningkatkan resiko terjadinya kanker payudara. Hindari kebiasaan tersebut supaya tidak memicu terjadinya kanker.

Mengurangi konsumsi lemak. Hindari makanan yang mengandung lemak jahat dan berpotensi membahayakan kesehatan tubuh. Konsumsi makanan yang mengandung lemakn tak jenuh seperti kacang-kacangan, alpukat dan minyak zaitun. Jenis makanan tersebut memiliki kandungan zat anti kanker yang akan berguna untuk mencegah aknker payudara.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517