Mengetahui Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama

Gejala awal kehamilan minggu pertama biasanya akan sangat sulit untuk dideteksi, karena adanya gejala-gejala yang tidak begitu pasti. Dan gejala umum yang kerap kali di alami oleh seseorang yang mendapatkan kehamilan yaitu seringnya mengalami mual yang disertai dengan muntah, bahkan terlambatnya datang bulan. Namun kedua pertanda itu tidak selamanya berlaku sebagai pertanda kehamilan, karena mual yang disertai dengan muntah serta terlambatnya datang bulan terkadang juga merupakan suatu hal yang bisa terjadi sewaktu-waktu, dan tanpa adanya kehamilan.

Nah, hal-hal seperti itulah yang memang kerap kali membuat pasangan suami istri sangat kesulitan untuk mendeteksi gejala kehamilan minggu pertama.

Memang benar, tanda awal kehamilan minggu pertama bisa dilihat secara kasat mata. Dan beberapa gejala kehamilan yang bisa dilihat juga dirasakan yaitu adanya pendarahan implantasi, perut yang di rasa mual serta adanya perubahan dari bentuk payudara. Di bawah ini ada beberapa gejala awal kehamilan minggu pertama yang memang bisa Anda lihat dan rasakan tanpa harus meminta bantuan dari dokter, yaitu sebagai berikut:

  1. Terjadi Pendarahan atau Muncul Bercak Darah

Jika dilihat secara fisik, ada beberapa gejala atau ciri kegamilan di minggu pertama, dan salah satunya yaitu terjadinya pendarahan atau bahkan munculnya bercak darah yang jika di dalam dunia medis disebut dengan implantation bleeding. Pendarahan ini terjadi karena adanya proses implantasi calon janin pada dinding rahim, sehingga terkadang akan muncul bercak darah atau bahkan pendarahan yang menyerupai seorang wanita tengah mengalami siklus haid.

  1. Perut Terasa Sakit

Salah satu gejala terjadinya kehamilan di minggu pertama yaitu adanya kram di bagian perut yang memang dirasa sangat sakit. Dan hal ini karena adanya efek dari implantasi calon janin ke dinding rahim wanita.

  1. Perubahan Payudara

Adanya perubahan payudara juga merupakan pertanda dari kehamilan di minggu pertama. Biasanya wanita yang mendapatkan kehamilan akan merasakan sensitive di bagian payudara, bahkan mereka akan merasakan tidak nyaman ketika tersentuh tangan atau bahkan bra.

  1. Frekuensi buang air kecil meningkat

Setelah terjadinya proses implantasi, biasanya keadaan tubuh ibu hamil akan memproduksi hormon hCG yang memang bisa menyebabkan frekuensi buang air kecil Anda menjadi meningkat. Dan hal ini akan berkurangt dimulai minggu ke 12 atau di akhir trimester pertama. Dan setelah itu akan kembali meningkat di minggu ke 27.

  1. Mual dan Muntah

Mual yang disertai dengan muntah juga merupakan gejala umum terjadinya kehamilan di minggu pertama.

  1. Terlambat Haid

Gejala mendapatkan kehamilan di minggu pertama yang satu ini juga merupakan gejala yang paling umum. Hal ini dikarenakan sudah tidak ada lagi yang memang harus di keluarkan oleh tubuh, karena keadaan ovarium yang sudah terbuahi.

Bukan hanya perubahan-perubahan fisik yang akan dialami oleh wanita hamil, karena nyatanya gejala kehamilan di minggu pertama juga bisa terjado berupa gejala-gejala non fisi, misalnya seperti mengidam, semakin sensitive, mudah gelisah atau bahkan mudah mengalami stress.

Related Posts

Share This