Mengetahui Faktor Penyebab Nyeri Persalinan

Mendekati waktu persalinan, perasaan campur aduk tentunya dirasakan oleh ibu hamil. Perasaan bahagia dan cemas adalah fenomena yang wajar dirasakan ibu hamil. Namun sebisa mungkin ibu hamil harus bisa mengelola dan mengendalikan perasaan tersebut. Apabila Anda merasa tegang maka hal ini berpotensi stres dan bisa menyebabkan nyeri persalinan.

Dalam menjalani proses persalinan, kebanyakan wanita merasakan nyeri yang cukup hebat bahkan bisa menyebabkan trauma. Rasa nyeri yang dirasakan pada waktu melahirkan tentunya melewati beberapa tahapan yaitu pada saat pembukaan, kelahiran bayi dan tahap terakhir yaitu pelepasan plasenta. Bahkan sebagian wanita harus merasakan sakit akibat penjahitan pada luka di bagian perineum.

Rasa sakit yang dirasakan bermula dari bagian bawah punggung dan menyebar ke bagian perutĀ  bahkan kaki. Sebagian wanita meraskan sakit tersebut seperti halnya kram perut pada waktu menstruasi. Rasa sakit akibat kontraksi dikategorikan bersifat tajam dan panas. Terlebih lagi pada waktu kepala bayi mulai memasuki area lubang vagina. Jaringan diantara lubang vagina dan anus (perineum) akan meregang dengan kencang untuk melebar. Rasa sakit tersebut muncul akibat adanya robekan pada jaringan di area perineum.

Faktor Penyebab Nyeri Persalinan

  1. Faktor Psikologis

Salah satu penyebab nyeri persalinan yaitu diakibatkan oleh faktor psikologis. Contohnya ketika seorang wanita menjalani proses melahirkan tanpa didampingi oleh orang terdekat terutama suami. Perasaan takut dan tegangĀ  menghadapi proses tersebut membuat pikiran stres sehingga tidak bisa mengendalikan rasa sakit.

  1. Faktor Fisik

Persalinan yang melalui episitomi, penggunaan alat bantu dan induksi untuk membantu mengeluarkan janin secara umum akan menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat. Biasanya hal ini dirasakan oleh wanita yang mengalami kehamilan sungsang. Pemutaran posisi bayi dengan bantuan vacum membuat proses persalinan terasa sangat menyakitkan.

  1. Faktor Medis

Medis yang belum berpengalaman dalam melakukan persalinan menjadi penyebab Anda akan merasakan sakit untuk menjalani proses tersebut. Penggunaan alat yang tidak tepat akan memperburuk rasa sakit saat melahirkan.

Itulah beberapa faktor yang perlu Anda ketahui terhadap rasa nyeri yang ditimbulkan saat persalinan. Oleh karena itu untuk menghindari rasa sakit saat persalinan sebaiknya Anda melakukan beberapa kegiatan yang dinilai bermanfaat untuk kelancaran persalinan Anda.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan dalam menunjang persalinan normal tanpa rasa sakit yaitu olahraga yoga, latihan meditasi, latihan pernafasan, rutin olahraga ringan seperti jalan kaki santai. Selain itu, ibu hamil juga hendaknya bisa mengelola perasaan sehingga bisa terhindar dari stres yang merupakan penyebab timbulnya rasa sakit saat persalinan.

Persiapan lain yang harus Anda lakukan supaya terhindar dari rasa sakit persalinan yaitu dengan memilih tenaga medis yang berpengalaman di bidangnya. Pastikan tempat bersalin dan penanganan medis yang Anda dapatkan menunjang kenyamanan Anda.

Related Posts

Share This