Mengetahui Faktor Penyebab dan Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

Mimisan merupakan pendarahan yang keluar dari hidung. Mimisan bisa dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Hal ini tentunya membuat orangtua kebingungan dan panik ketika melihat darah yang keluar dari hidung anak. Mimisan pada anak dikategorikan tidak berbahaya apabila tidak disertai demam dan anak masih terlihat aktif. Ahli kesehatan berpendapat bahwa mimisan akan berhenti dengan sendirinya sehingga tidak perlu panik. Akan tetapi meskipun begitu perlu segera dilakukan penanganan ketika terjadi mimisan pada anak.

Mimisan Pada Anak

Penyebab Mimisan Pada Anak Yang Perlu Anda Ketahui

Infeksi

Penyebab mimisan pada anak yang pertama yaitu adanya infeksi pada hidung. Salah satu infeksi yang mungkin terjadi pada anak yaitu vestibulitas atau peradangan pada akar rambut dibagian hidung. Hal ini yang menyebabkan darah secara tiba-tiba keluar dari hidung anak atau yang disebut dengan mimisan. Selain infeksi tersebut, mimisan juga bisa disebabkan oleh infeksi sinusitis pada bagian rongga hidung.

Gangguan pembekuan darah

Luka pada hidung bagian dalam akibat infeksi merupakan penyebab mimisan ketika proses pembekuan darah tidak berjalan dengan baik. Hal ini terjadi ketika trombosit tidak dapat menutup luka secara sempurna sehingga darah dari hidung akan mengalir keluar.

Pembuluh darah dan selaput lendir tipis

Mimisan yang terjadi pada anak bisa diakibatkan oleh kondisi pembuluh darah dan selaput lendir pada bagian hidung anak masih sangat tipis sehingga ketika terjadi benturan atau kebiasaan anak mengorek hidung maka selaput lendir akan retak dan darah akan langsung keluar.

Polusi dan udara dingin

Penyebab lain dari mimisan yaitu kondisi udara yang kotor terhirup oleh anak. Polusi udara akan menyebabkan hidung anak terkena infeksi dan iritasi sehingga selaput lendir akan mudah robek dan menyebabkan keluarnya darah. Selain itu, udara dingin juga menjadi pemicu mimisan pada anak. hal ini karena udara yang terlalu dingin akan membuat selaput lendir pada hidung anak akan mengalami tekanan yang memicu darah keluar.

Cara Mengatasi Mimisan Pada Anak

  • Cara mengatasi mimisan pada anak yang pertama yaitu jangan membiarkan anak terlentang atau menengadah ketika terjadi mimisan. Sebaiknya posisikan anak untuk duduk dengan kepala dan badan agak maju ke depan. Hal ini untuk menghindari darah mengalir ke kerongkongan dan lambung. Lalu tekan atau pencet hidung anak selama beberapa saat untuk mencegah darah keluar. Biarkan anak untuk bernapas menggunakan hidung.
  • Untuk mencegah banyak darah yang keluar, Anda bisa menggunakan daun sirih untuk menyumbat hidung anak. Ambil beberapa helai daun sirih yang sudah dibersihkan kemudian lipat dengan ukuran kecil dan sumbatkan pada lubang hidung anak. Cara ini dinilai lebih baik untuk menghentikan pendarahan.
  • Cara lain untuk mengatasi mimisan pada anak yaitu menggunakan es batu yang dibungkus oleh sapu tangan atau handuk kecil. Kemudian diantara hidung dan kening anak beberapa saat. Air es akan berfungsi dalam mempersempit pembuluh darah sehingga akan menghentikan terjadinya pendarahan.

Apabila pendarahan tidak kunjung berhenti maka sebaiknya Anda segera membawa anak Anda ke dokter untuk dilakukan penanganan yang lebih efektif. Satu hal yang perlu diingat dalam melakukan penanganan mimisan pada anak yaitu jangan panik karena hal ini akan membuat Anda melakukan tindakan yang bisa membuat anak ketakutan.

Related Posts

Share This